content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Sunday, June 23, 2019

SETELAH menghabiskan waktu liburan 4 hari 3 malam di Vienna, kami melanjutkan perjalanan liburan musim panas kami menuju ke Bratislava, Slovakia. Bratislava adalah ibu kota Slovakia, dan terletak di sebelah Sungai Danube. Hanya 70 km jauhnya dari Wina di Austria, dan 200 km dari Budapest di Hongaria.

Bratislava menampilkan kontras antara modern dan bersejarah, dengan jejak-jejak era komunis masih terlihat jelas di banyak bagian kota. Untuk sebagian besar sejarahnya, Bratislava adalah kota tiga bahasa, dengan penduduk yang berbicara bahasa Slovakia, Hongaria, dan Jerman, dan menggunakan mata uang Euro. 

Jalan-jalan yang berliku, banyak budaya dengan museum seni dan galeri yang berlimpah, makanan lezat dan banyak minuman. Arsitektur abad pertengahan, sebuah kastil yang terletak di sebuah bukit yang menghadap kota, dan berbagai bangunan bersejarah membuat kunjungan ke kota ini pengalaman yang sangat menyenangkan.

Transportasi Menuju Bratislava

Perjalanan dari Vienna ke Bratislava, memakan waktu sekitar 1 jam, dengan menggunakan kereta api, kapal dan bus. Kami ingin mendapatkan suasana lain, menggunakan transportasi menuju ke Bratislava. Yuppp kami memutuskan menggunakan kapal boat, walaupun ongkosnya mahal, jika dibandingkan transportasi lainnya.

Berikut biaya tiketnya:

  • By train 14 Euro kelas ekonomi, dan untuk kelas 1 biayanya 24 Euro, lama perjalanannya 1 jam 6 menit
  • By bus biayanya sebesar 5 Euro, lama perjalanannya 1 jam 25 menit
  • By Feri (twin city liner) tiketnya sebesar 30 Euro, tapi karena kami melakukan perjalanan di hari minggu, biayanya lebih mahal sebesar 35 Euro. Lama perjalannya 1 jam 30 menit

Feri Ship by Twin City Liner Operator
Situation inside the ship

Yezzz, Here Us ( with Kathleen ill pose)
1 st Day

Saat kami tiba di Bratislava, situasinya agak sedih, karena Kathleen sakit. Saat di kapal Kathleen sudah kelihatan pucat dan badannya agak panas. Jadi kami tidak banyak mengabadikan moment kami, saat berada di kapal, karena anakku rewel.

kami melanjutkan perjalanan kami menuju Apartemen yang kami sewa dari Air Bnb. Dan seperti biasanya kami membeli tiket perjalanan 24 Jam yang bisa diakses untuk akomodasi Tram dan Bus. 

Michael's Gate 

Setelah beristirahat tidur siang, kami mulai melakukan explore Kota Bratislava dengan badan Kathleen yang agak panas. Aku memang sudah prepare sebelumnya macem-macem obat terutama saat berpergian dengan anak.

Ketika tiba di Old Town dengan menggunakan Tram, kami melewati sebuah gerbang yang dikenal dengan Michael's Gate. Michael's Gate adalah satu-satunya gerbang benteng kota yang dipertahankan, dari empat pintu masuk sebelumnya, dan berada di antara bangunan tertua di kota. Gerbang ini dalah salah satu pintu masuk utama ke kota Kota Tua.  

Michael's gate from far away

Lokasi Gerbang dan Menara Michael terletak di atas Jalan Michalska. Banyak orang berjalan dan mengambil gambar di semua tempat.  Saat kalian mendekati gerbang, kalian akan berjalan melewati jembatan kecil pejalan kaki. 


Little bridge before enter Michael's Gate

Disekitar gerbang ini banyak penjual suvenir, seniman yang bermain dengan berbagai instrumen atau bernyanyi. Dibagian sisi kiri jembatan ada sebuah taman kecil, yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua. Saat musim panas, taman ini berfungsi sebagai taman baca. 



With Michael's Gate Background
With Michael's Gate Background



Ketika berjalan melewati gerbang, kita bisa melihat ke arah Menara Micheal, tingginya 51 meter dan memiliki 7 lantai. Tepat dibawah menara Michael, terdapat  lingkaran emas yang dikenal sebagai kilometer nol. Lingkaran ini mewakili jarak dari Bratislava, ke 29 ibu kota lainnya. 


Gold Circle

Jalan yang ada di sekitar Michael gate selalu sibuk penuh dengan turis. Sangat mempesona dengan bangunan penuh warna, toko-toko kecil dan kafe. 



Busy Road
Stores and Cafes along the way Michael's Gate
Old Town

Old Town adalah pusat budaya, politik, sosial dan wisata di Bratislava.  Banyak toko dapat ditemukan di sini, terutama di jalan utama yang disebut Obchodná. 

Old Town with Roland's Fountain and Clock Tower

Pusat kota adalah labirin bangunan bersejarah dan jalur unik, dari museum hingga air mancur, dan banyak bar, pub, makanan cepat saji, dan restoran. Kota Tua di Bratislava,  adalah tempat di mana mayoritas turis menghabiskan waktu mereka, berjam-jam berjalan di sekitar pusat kota yang kecil.


One of Statue at Old Town (France  Soldier Statue)
Hal yang paling  memikat pengunjung adalah, air mancur (Roland's Fountain) bergaya Renaissance, kita juga bisa duduk di atas bangku,  dengan patung seorang tentara Prancis. 

Masih berada disekitar Kota Tua, tempat lain yang bisa kalian menikmati adalah alun-alun utama Hlavne Namestie, Gerbang dan menara St Michael, patung Cumil, Teater nasional dan Katedral St. Martin. Hal terbaik untuk dilakukan di Kota Tua Bratislava adalah, hanya untuk berjalan-jalan santai, mengambil jalan-jalan acak di sana-sini dan hanya menikmati tempat itu. 

 Main Square (Hlavne Namestie)

Alun-Alun Utama adalah pusat dari pusat bersejarah Bratislava. Beberapa bagian dari bangunan ini berasal dari abad ke-15 dan menara jam yang terkenal dapat dilihat dari seluruh penjuru kota. 

Bangunan yang paling menonjol di alun-alun utama ini adalah, Balai Kota Tua, yang menjadi Landmark kota Bratislava. Balai Kota Bratislava di Alun-Alun Utama mulai sepenuhnya digunakan pada tahun 1434. Di bagian bawah balai kota, kalian juga dapat menemukan terowongan yang sangat populer.

Bratislava Main Square

Tempat ini menjadi pasar utama, area untuk pertemuan publik, upacara penyambutan bagi para penguasa dan tokoh terkenal lainnya.  
Ada banyak restoran dan kafe di tempat ini. Sebagian besar restoran menawarkan minuman dan makanan yang enak. 

Bratislava Main Square (City Hall)

Pengunjung yang datang ke alun-alun kota ini, biasanya untuk mencicipi makanan nasional, mencicipi anggur panas tradisional atau minuman keras madu, bertemu dengan teman dan keluarga. 

Man At Work (Cumil)

Masih di area sekitar Old Town, kami melanjutkan perjalanan menuju ke patung Cumil. Patung Cumil Adalah patung patung perunggu kecil pekerja saluran pembuangan era komunis, yang pada umumnya tidak peduli, dengan pekerjaan yang seharusnya ia lakukan. Cumil dalam bahasa Inggris, diterjemahkan menjadi 'pengintip' atau 'pengamat', dan sesuai dengan kondisi patung yang mencuat keluar dari lubang got.

Cumil Statue

Ada rumor cerita tentang patung ini, rumor pertama mengatakan bahwa ia adalah pekerja, dan rumor kedua, dia mencari sesuatu di bawah rok wanita (hahaha). Penduduk setempat percaya bahwa jika kalian menyentuh kepala pria itu dan membuat permintaan, permintaan kita bisa terwujud.


Cumil Statue

Teater Nasional Slovak 

Bangunan bersejarah yang indah ini dibangun  dengan desain Neo Renaissance, dan dibuka untuk umum pada tahun 1886 . Tempat ini adalah teater profesional tertua kedua di Slovakia. Teater ini terletak di salah satu tempat paling elegan dan menawan di Bratislava, Hviezdoslav’s Square. 

Slovak National Theater

Bangunan ini terdiri dari tujuh lantai dan tiga bangunan utama yang sangat luas dan besar. Ada juga restoran di teater yang dapat menampung banyak orang. Selain itu, ada sejumlah seni dan lukisan di dalam teater yang cukup tua. 


Teater Nasional Slovak digunakan sebagai salah satu lembaga budaya paling penting di Slovakia, pertunjukan drama, opera, dan balet menjadi pertunjukan yang rutin ditempat ini.


St. Martin  Cathedral 

Katedral Gothic yang terbesar dan terbaik, serta salah satu gereja tertua di Bratislava, yang berokasi berada di Rudnay Square. Secara total ada 11 Raja dan Ratu Hongaria dimahkotai di sini, termasuk Maria Theresa dari Austria. 

St Martin Dom Bratislava

Katedral ini memiliki empat kapel: kapel kanon; kapel Gotik Sophia dari Bavaria, janda Raja Ceko Wenceslas IV; kapel St Anne; dan kapel barok St John the Merciful. Pastikan Anda mengunjungi ruang bawah tanah dengan katakombe. Pada ruang bawah tanah, berisi beberapa crypts yang hanya dua yang terbuka untuk pengunjung.


Interior St Marin Cathedral

Katedral ini memiliki bentuk salib tradisional, dengan jendela-jendela di bawah menara gereja disesuaikan untuk membuat kesan jendela-jendela Gothic asli. Altar Barok besar, mendominasi patung monumental Donner tentang St. Martin. 


Karya pahatan yang indah, dibuat sekitar tahun 1744, menggambarkan seorang prajurit Romawi dari Pannonia di dekatnya, yang memotong jubahnya untuk memberikan setengah kepada seorang pengemis yang menderita kedinginan.


Statue with beggar

Menara Katedral Bratislava mencapai ketinggian 85 m. Di atasnya ada bantal berlapis emas dengan dimensi 2 x 2 meter. Di pangkalan terletak salinan emas dari mahkota kerajaan Hongaria. Di menara tempat lonceng menggantung dua lonceng, yang lebih besar disebut Wedderin.


Blue Church (Gereja St. Elisabeth)

Gereja Biru Bratislava, dirancang dalam gaya Art Nouveau (Jugendstil) oleh arsitek Budapest Ödön Lechner. Bangunan ini didedikasikan untuk Elizabeth dari Hongaria, putri Raja Hongaria Andrew II, yang dibangun pada tahun 1909.

Blue Church From Far away

Blue Church From close way

Lokasi Gereja Biru terletak di bagian timur Kota Tua, di Jalan Bezručova. Jalan yang tenang dan tidak jauh dari pusat kota, sekitar 10-15 menit berjalan kaki.
Sesuai dengan namanya, bagian f
asadnya berwarna biru, mosaiknya juga berwarna biru. Semuanya, termasuk atap biru pucat melalui gerbang berwarna biru dan putih pastel. Dan tidak hanya eksterior, interiornya dicat dalam nuansa biru pucat.  


Blue Church Entrance

Gereja memiliki menara bundar yang tingginya 36,8 m. Seluruh gereja terdiri dari area besar dan area penuh dengan taman yang indah. Ada berbagai jenis bunga yang tumbuh di taman ini. Lantai dasar Gereja Biru berbentuk oval dan bagian dalamnya sangat menawan.


Blue Church Interior


Blue Church Interior

Blue Church Interior

Seluruh area gereja terawat dengan sangat baik, bangunan gereja ini menarik, dan layak untuk dilihat jika kalian berada di area tersebut. Gereja ini adalah salah satu gereja yang unik, dan indah yang pernah aku lihat. 


With Blue Church Entrance Background


With Blue Church Entrance Background

2nd Day

Rencananya kami akan mengunjungi Devine Castle, tetapi karena Kathleen suhunya tinggi jadi kami memutuskan untuk beristirahat dirumah. Anakku ketularan papanya yang 1 hari sebelum berangkat sudah flu berat dan alergi.

Tapi karena bosan diapartemen akhirnya kami memutuskan untuk keluar tidak jauh menuju ke pusat kota. Akhirnya kami sempatkan menuju ke beberapa tempat, setelah Kathleen cukup beristirahat.

Bratislava Castle

Kastil Bratislava terletak tinggi di atas Danube, bangunan bercat putih monumental dengan empat sayap, termasuk menara sudut yang sekarang disebut Menara Mahkota. Kastil itu sendiri berasal dari abad ke-13 dan menampung perhiasan mahkota Hungaria, dan kastil ini,  juga memiliki peran penting dalam sejarah Eropa Tengah, menjadi tempat penobatan Kerajaan Hongaria. 


Bratislava Castle
Front Yard Castle

Di halaman depan Castle, kalian akan disuguhi pemandangan indah kota Bratislava lengkap dengan pemandangan Jembatan Ufo, 
beserta pemandangan patung Santo Elizabeth. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik kota Bratislava, kalian dapat menaiki Crown Tower. 

Dari satu sisi menara Crown, kalian dapat melihat Menara Kamzik ​​yang terletak di Koliba, pemandangan Sungai Danube dan Austria yang indah, atau melihat menara UFO dan jembatan yang baru dibangun di Bratislava.


From this point, you can look Bratislava City View

From this point, you can look Bratislava City View

One of Bratislava Castle Gate

Di Bratislava Castle, kalian juga dapat mengunjungi Museum Bratislava, atau dikenal juga dengan Museum Nasional Slovak. Museum ini menunjukkan tahapan perkembangan sosial bertahap di Slovakia, mulai dari Abad Pertengahan hingga saat ini. Museum ini juga memberi kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan penduduk Slovakia.  


Bagian favoriteku adalah saat melintas area taman terutama taman belakang. Di taman samping terdapat hamparan rumput  yang luas, yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dibawah pohon rindang. taman samping ini sebagai penghubung sebelum kalian memasuki taman belakang yang sangat cantik.  


Bratislava Castle Garten (sideyard)

Bratislava Castle Garten (sideyard)
Saat memasuki area taman belakang, pasti kalian akan merasa sangat fantastis menemukan taman cantik, sama seperti saat kami berkunjung ke Belvedere atau Schönbrunn Austria. 


Castle took From Garten
Bratislava Castle Baroque Garten 
Taman bergaya baroque yang dipenuhi dengan aneka macam bunga yang berwarna-wani, yang tertata dengan sangat mengagumkan. Saat menuju ketaman ini kalian akan menuruni anak tangga, dan berjalan diatas kerikil lembut berwarna putih.


With Castle Background

With Castle Background



Sangat menyenangkan berada diarea ini, aku menyarankan untuk datang ke Bratislava Castle menjelang sore hari supaya tidak kepanasan terpapar sinar matahri, seperti kami yang datang saat matahari tepat berada diatas kepala kami. 

Kalau kalian pergi membawa anak-anak, jangan lupa untuk datang ke taman bermain anak. Karena ditempat ini disediakan area taman bermain untuk anak, yang lokasinya dekat dengan restaurant Bratislava Castle.

Bratislava Castle Playground
Bratislava Castle Playground


Sudah pasti taman bermain adalah tempat favorite untuk Kathleen, biarpun sedang sakit, dia tetap aktif kesana kemari. Dan permainan ketangkasan dan rintangan, juga pelosotan adalah mainan favoritnya, kalau sudah bermain anakku bisa lupa waktu .


Our lovely Kathleen

Our lovely Kathleen

 Istana presiden 

Istana Grassalkovich, berfungsi sebagai istana presiden dan tempat tinggal bagi Presiden Slovakia. Sangat mengesankan dari luar, Dibangun pada tahun 1760 dalam gaya Rococo / Baroque akhir dan terletak tepat di luar Kota Tua. Istana ini digunakan untuk banyak pesta dan pesta di istana kerajaan Habsburg dan menjadi pusat kehidupan musik Barok. 


Grassalkovich President Palace
Grassalkovich President Palace

Kita tidak bisa masuk kedalam istana, tetapi tidak jauh dari Istana ini, terdapat taman, dimana kalian dapat dengan bebas menikmati taman, yang dirancang dalam gaya Prancis. Taman ini  adalah tempat yang sempurna untuk menghindari keramaian dan hiruk pikuk kota, beristirahat melepas lelah, dan bersantai di ruang hijau yang indah. 



in the heat of the sun,  right at 12 PM


Jembatan SNP (Slovenské národné povstanie) / UFO Bridge

Jembatan Pemberontakan Nasional Slovakia, dibangun antara tahun 1967 dan 1972. Selama pembangunan jembatan ini, sebagian besar Kota Tua Bratislava, termasuk bagian-bagian yang bernilai historis Vydrica dan Sinagog yang  bergaya Moor, harus dihancurkan demi terwujudnya Jembatan SNP ini.


Jembatan yang menghubungkan ibu kota Slovakia di atas sungai Danube, dan jembatan terpanjang di dunia yang memiliki hanya satu tiang dan satu pesawat dengan kabel. Bagian yang paling mengesankan adalah dek observasi gaya UFO besar yang berdiri di tengahnya, menyerupai piring terbang dan saat ini menjadi salah satu landmark paling terkenal di Bratislava.

Daya tarik lainnya  adalah restoran dan teras dengan pemandangan panorama di atas jembatan.  Kalian bisa naik ke puncak untuk minum bir dingin atau sekadar mengamati pemandangan panorama yang menakjubkan. Untuk naik keatas, kalian bisa menggunakan lift dan biayanya sebesar 6,50 EUR. 

Begitulah perjalanan liburan musim panas kami ke Bratislava Slovakia. kalian bisa membaca juga, perjalan musim panas kami ke Vienna Austria. Linknya dibawah ini :        KLIK DISINI YA

Kalau kalian punya waktu yang banyak, Bratislava bisa menjadi destinasi kamu untuk berlibur, tetapi kalau dibanding Praha dan Budapest, tentunya aku tetap memilih 2 kota cantik ini sebagai tujuan untuk berlibur. kalian bisa cek juga liburan kami saat berkunjung ke Praha dan Budapest.

https://www.bojonesilviostorylife.com/2017/10/eksotisme-kota-praha-prague.html

https://www.bojonesilviostorylife.com/2018/06/budapest-hungaria-permata-di-eropa.html

Tetapi kalau kalian mau menjauh dari hiruk pikuk turis, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk mencari suasana tenang dan damai, tetapi tetap disuguhi dengan suasana kota yang menawan.

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku. 

Grüße
Reaksi:
Posted in

0 komentar:

Post a Comment