content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Saturday, December 15, 2018



Malbork Castle  juga disebut Castle of the Teutonic, adalah salah satu istana terbesar di dunia. Hanya memerlukan perjalanan singkat dengan kereta api dari Gdansk menuju ke Castle cantik ini.

Sejarah Malbork Castle

Awalnya disebut Marienburg, Kastil Malbork dibangun oleh Ksatria Teutonik (tentara salib Roma-Katolik Jermana) pada abad ke-13 dan selesai pada 1406 setelah penaklukan Old Prussia. 

Terjadi Pertempuran Grunwald di mana ksatria Teutonik bertempur dengan Polandia dan Lithuania. Ksatria Teutonik mendominasi area di sekitar Malbork dan Gdansk (disebut Danzig saat itu) hingga tahun 1457, ketika Raja Jagiellon dan pasukan Polandia merebut kastil. 

Malbork Castle
Selama 500 tahun berikutnya, kastil berpindah tangan beberapa kali, bolak-balik antara kepemilikan Jerman dan Polandia. Sepanjang sejarah kastil telah menjadi tempat tinggal para raja Polandia, digunakan untuk barak-barak untuk tentara Prusia, dan sebagai tujuan untuk ziarah saat Hitler muda.

Yard Malbork Castle

Selama Perang Dunia II, lebih dari separuh benteng dihancurkan,  dan setelah Perang Dunia II kastil kembali menjadi bagian dari Polandia dan mengalami restorasi besar dari kerusakan Perang Dunia II, dan kebakaran pada tahun 1959. 

Rekonstruksi dan pemulihan selesai pada akhir 2016. Yang terakhir untuk dipulihkan adalah Gereja St. Mary yang membentang dari Istana Atas yang juga merupakan bagian tertua kompleks. 

Yard Malbork Castle
Kastil Malbork sekarang berdiri sebagai bangunan batu bata terbesar di Eropa. Sekarang Castle ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan objek wisata populer di Polandia.


Transportasi Menuju Malbork Castle

Untuk bepergian ke Malbork Castle dari Gdansk adalah dengan menggunakan kereta api. Dari Gdansk Glowny, stasiun kereta api utama di Gdansk, dibutuhkan antara 28 hingga 55 menit untuk sampai ke Malbork Castle, tergantung pada jenis kereta yang kalian pilih. 

  • Kereta Regio (R), pilihan paling lambat dan termurah. Kereta ini berhenti disetiap pemberhentian, dan perjalananannya memakan waktu 43 hingga 55 menit. tapi tiketnya murah, 13.50 PLN sekali jalan (sekitar 3 euro). Kereta ini adalah jenis kereta kelas komuter tanpa nomer tempat duduk. Walaupun harganya murah tetapi tetap tepat waktu.
  • Kereta TLK, sedikit lebih cepat daripada kereta api regio dan hanya berhenti disatu atau dua pemberhentian dalam perjalanan ke Malbork. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 37 menit dan harga tiket mulai dari 17 PLN sekali jalan (sekitar 4 euro) untuk kelas 2, dan  23 PLN (sekitar 6 euro) untuk kelas 1. 
  • Kereta EIC, kereta ini tercepat untuk mencapai Malbork Castle, langsung ke Malbork dan hanya butuh 28 menit. Namun kereta jenis ini paling mahal, mulai dari  29 PLN sekali jalan (sekitar 7 euro) untuk kelas 2, dan 89  PLN (sekitar 22 Euro) untuk kelas 1. 
Kalian dapat membeli tiket di konter utama di stasiun kereta Gdansk pada hari kunjungan ke Malbork Castle. Saat musim panas antriannya cukup panjang, 10 hingga 20 menit tergantung pada tingkat kerumunan. So kalau tidak mau mengantri lama kalian bisa memesan tiketnya melalui internet.

Tips perjalanan

Untuk mendapatkan View Castle yang menarik, lebih baik menggunakan kereta jenis regio atau kereta lokal. Aku sarankan kalian turun sebelum stasiun kereta utama Malbork yaitu turun di stasiun Malbork Kałdowo, karena kereta jenis ekspres (EIC) tidak akan berhenti di stasiun ini. Begitu turun dari stasiun Malbork kaldowo, kalian dapat menikmati pemandangan kastil yang sangat indah dari sisi lain Sungai Nogat. 

Malbork Kaldowo Train Station

Sekitar 15 menit berjalan kaki ke kastil dari Malbork Kałdowo dan sekitar jarak yang sama dari stasiun kereta api utama ke kastil.
Kastil itu tampak begitu dekat, sehingga membuat kami semangat melangkah, menikmati suguhan pemandangan cantik dalam balutan udara yang dingin.   

View to Malbork Castle

Aktifitas di malbork Castle
Kalian bisa memulai tur Malbork Castle pada jam 10 pagi, kemungkinan besar kalian bisa kembali ke Gdansk pada sore hari. Tiket masuk ke Malbork Castle saat musim panas sebesar 39,50, PLN, dan tiket masuk saat musim dingin 29,50 PLN. Tiket termasuk biaya panduan audio untuk penjelasan tour keliling Castle. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu sekitar tiga setengah jam untuk tour keliling Castle. 

Entrance Gate Malbork Castle
Pada hari Senin, tiket masuk ke Castle gratis, meskipun kalian tetap harus membayar 8 PLN untuk panduan audio. Namun, interior beberapa kamar kastil tidak terbuka sehingga kalian hanya akan diizinkan untuk berjalan di tanah kastil dan mengunjungi kamar-kamar tertentu. Ada juga tur kastil pada malam hari, tur akan dipandu oleh pemandu berpakaian sebagai Knight Teutonik. Tur ini ditawarkan pada malam tertentu.



Menyusuri Malbork Castle sangat besar, kastil ini adalah kastil terbesar di dunia sehingga kalian perlu menyiapkan tenaga yang kuat untuk berjalan-jalan. Untuk menuju ke beberapa kamar, kalian harus berjalan naik dan turun beberapa anak tangga dan beberapa di antaranya agak curam dan sempit. 

Panduan audio akan mengarahkan kalian tur keliling kastil. Audionya dilengkapi dengan GPS, sehingga mengetahui lokasi kita, sehingga tidak perlu menekan tombol atau mencari nomor berikutnya di dinding. Panduan audio akan mengarahkan bagaimana menuju ke tempat berikutnya, dan akan memberikan  informasi mengenai objek yang ada. 

Ada tiga bagian ke Malbork Castle: 

kastil bawah, kastil tengah, dan kastil tinggi. kalian akan menghabiskan sebagian besar waktu di kastil tengah dan tinggi. 

Kastil Bawah

Pintu Gerbang 

Kalian akan memasuki Malbork Castle melalui pintu gerbang di kastil bawah. Dinding dan jembatan gantung di sini adalah benteng penting dari kastil. 

Gate Entrance
Kastil Tengah 

Kalian akan melewati jembatan dan gerbang untuk memasuki benteng tengah. Melangkah keluar ke sebuah halaman besar yang dikelilingi oleh bangunan abad pertengahan, toko suvenir, dan restoran. 


Gate to the Middle Castle

Istana Grand Master 

Istana ini adalah salah satu bagian termegah dari kastil, kalian akan berjalan melewati beberapa kamar abad pertengahan yang digunakan sebagai tempat tinggal kerajaan, ruang makan, dan ruang pertemuan. 


Grand Master Palace

Grand Master Palace

Knights Teutonic Statues

Teras Barat

Sebuah halaman kecil yang  terletak di dekat kamar Istana Grand Master. Taman ini sangat tenang dan damai, ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang, cocok sebagai tempat untuk istirahat sejenak.


West Terrace


Kastil  Tinggi 

Untuk memasuki kastil tinggi, kalian akan berjalan melintasi jembatan gantung lain. Kastil tinggi adalah bagian tertua dari Malbork Castle.

Halaman

Halaman adalah pusat kastil tinggi, diarea ini terdapat sebuah sumur yang digunakan oleh Ksatria Teutonik untuk mengakses air jika terjadi pengepungan. 


Well in the middle of yard

Refectory

Refektur formal di mana sang Grand Master makan bersama dengan para tamunya, yang menarik bahwa ada refectory musim panas dan refektory musim dingin. Apa bedanya? yang musim panas memiliki langit-langit yang lebih tinggi dan sejumlah besar jendela besar.


Summer Refectory

Sedangkan refectory musim dingin,  langit- 
langitnya lebih rendah dan lebih sedikit jendela, juga memiliki bukaan untuk pemanasan lantai. Api berasal dari dapur dilantai bawah, udara panas dibawa melalui sistem pipa ke lantai dari ruang yang dipanaskan menuju ke ruang lain melalui beberapa celah di lantai. 


Convent Kitchen (Dapur Biara) 

Di ruang bawah tanah, di bagian  barat terdapat sebuah pintu lebar yang mengarah ke dapur biara Malbork. Di bagian dalam pertama terdapat tungku besar, perapian, sajian makanan, yang kemudian diangkut dengan lift ke ruang makan di lantai dua. 

Piring disajikan di atas meja Malbork abad pertengahan, mencerminkan kekuatan dan kemakmuran negara Ksatria Teutonik. Para koki berusaha menciptakan komposisi kuliner asli dan unik, dengan mengimpor bahan yang berkualitas, baik bumbu-bumbu, buah eksotis, kacang, kismis, buah ara dan almond. 

Makanan yang dihidangkan berupa daging babi, daging sapi, unggas, tetapi jarang memasak ikan karena harganya yang mahal. Makanan pokoknya  adalah roti, jelai, dan nasi, susu, terutama keju. 


Castle Kitchen for drain heat

The Blessed Virgin Mary Church (Gereja Bunda Maria yang Terberkati )  

Kapel ini semula hanya menempati setengah sayap, dibangun pada akhir abad ke-13, karena adanya perubahan fungsi dan perluasan benteng setelah memindahkan ibu kota negara Teutonik ke Malbork pada tahun 1309. Elemen terpenting dari dekorasi eksternal adalah sosok besar Maria dengan Anak (lebih dari 8 meter), figure ini dibuat sekitar  tahun1340. 


The Blessed Virgin Mary Church

Lorong Gothic di Malbork Castle


Demikian shareku kali ini mengenai perjalanan kami ke kastil cantik ini. kami betul-betul sangat menikmati berkunjung ke kastil ini, dan sangat merekomendasikannya untuk dikunjungi.

Kalian juga dapat mengikuti cerita kami lainnya di Polandia, berikut linknya:

http://www.bojonesilviostorylife.com/2018/11/gdansk-polandia-pesona-kota-cantik-di.html

http://www.bojonesilviostorylife.com/2018/12/sopot-dan-gdynia-perjalanan-musim.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.


Grüße














Reaksi:
Posted in

4 comments:

  1. yang teras barat itu tempatnya tertutup kali ya Yo? ga terlalu kena matahari gitu?, karena kuliat maish banyak tanaman hijaunya, sednagkan bagian lain sdh pada gundul pepohonannya.
    Didapur biara, apa pengunjung bisa pegang alat2 masaknya? klo aku penasaran liat alat2 maska trmpo doloe begitu ;) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy kak teras barat itu letaknya disamping diapit gedung tinggi....makanya teduh. Buat duduk2 enak u istirahat. Peralatan dapur boleh disentuh tapi ga boleh diangkat. Ga nyesel lhoo kak ke Castle ini bagus banget. recommended Danzig, sopot dan kastil ini.

      Delete
  2. btw Yo adsensemu kamu lepas ya? kubuka bbrp halaman ga ada sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lagi peralihan web kak....kembali ke blogspot..karena belum nemu domain yang ok. Peralihannya lama klo pake domain sdri ke blogspot hampir 1 bulan blm kelar kak. ini udah lumayan ada trafic lgi.

      Delete