content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Thursday, 22 March 2018

MASIH ingat rasanya ketika pertamakali, aku membawa pulang bayi mungilku dari rumah sakit. Dengan berjalannya waktu, bayi yang dulu mungil itu Puji Tuhan saat ini tumbuh sehat dan aktif. 

Diusia 7 – 9 bulan, tahap perkembangan motorik kasar pada anak ditandai dengan kemampuan untuk mulai merangkak, berdiri dan berjalan. Sedangkan untuk motorik halusnya ditandai dengan kemampuan anak untuk meraih, menggenggam dan menjatuhkan sesuatu. Kali ini aku mau share tentang milestone Kathleen diusia 7-9 bulan. 

Usia 7 bulan 

Diusia 7 bulan ketika diajak jalan-jalan menggunakan strolernya (kinderwagen), kathleen sudah tidak mau lagi dibaringkan. Ketika dibaringkan dia akan mengangkat kepalanya, minta diposisikan duduk. 

Kathleen senang sekali waktu pertama kali di dudukkan di stroler, selama jalan-jalan matanya sibuk liat kesana kemari. Sepertinya dia enggak mau melewatkan pengalaman baru ini, dengan tidur distroler seperti sebelumnya, alhasil begitu sampai dirumah baru tertidur pulas karena kecapekan. 


Kathleen juga sedang memasuki fase mengambil, dan memasukan apa saja ke mulutnya. Dia juga sudah dapat memegang dua benda yang berbeda pada waktu bersamaan, dan juga sudah dapat menjatuhkan mainannya berulang-ulang. Diusia ini dia sudah dapat mengontrol kepalanya tegak, dan dapat duduk sendiri tanpa ditopang. 

Kathleen sudah mengerti dan hafal siapa-siapa orang yang dekat dengannya dan siapa yang tidak. Kalau momynya menghilang sebentar dia akan menangis, maunya terus menempel ke momynya. Pokoknya harus ada salah satu yang dia kenal, baru dia akan tenang dan enggak cemas. Bayi akan bereaksi negatif jika bertemu dengan orang asing. Biasanya dia akan rewel, berulah, atau bahkan menangis jika bertemu dengan orang-orang yang tidak dikenalnya. 

Di usia 7 bulan Kathleen sudah mulai senang mengangkat dan menurunkan bokong serta pungungnya. Kathleen juga sudah mulai mengerti arti bahasa, dia sudah mulai merespon ketika aku berkata “nein”, walaupun kadang-kadang belum tentu mengikuti laranganku. Dia juga memberi respon membalikkan kepalanya waktu aku memanggil namanya. 

Kathleen sudah bisa berekspresi dengan wajahnya tersenyum lebar atau cemberut. Bayiku juga sudah bisa berkomunikasi secara vokal dengan membuat berbagai suara berbed - beda, tertawa, berceloteh “da da da” menggunakan bahasa bayi. Aku juga mengajarkan Kathleen untuk bersalaman dan bertepuk tangan. Berlatih tepuk tangan sambil mendengar lagu anak-anak, dapat memberikan rangsangan untuk menguatkan otot-otot lengan dan jari-jari bayi. Kalau digendong momy atau papanya, Kathleen akan meloncat-loncatkan kakinya. 
 
Aku sudah memberikan kathleen makanan tambahan asi sejak usia 5 bulan. Biasanya aku membuat puree untuk menu pagi dan sore hari, dengan menambahkan räpsöl sebanyak 1 sdt. Makanan tambahan yang aku berikan ke Kathleen mencakup 4 sehat 5 sempurna. 

Untuk kabohirat biasanya aku menggunakan kentang atau ubi (sußkartofeln). Untuk protein hewani biasanya aku campur dengan memilih salah satu baik ayam, daging, atau salmon. Protein nabati atau sayurannya biasanya aku menggunakan kembang kol, brokoli, kacang polong, wortel, buncis, atau kapri. Nah aku juga menambahkan buah seperti apel, pisang, pir, alpukat, atau melon. 

Semuanya aku rebus (±) 15 menit dan aku blender menggunakan hand mixer. Ahhh praktis deh,cepat mengolahnya, dan yang pasti sehat dan si bocah lahap setiap makan. Memang enak sih karena manis dari ubi nya, aku memang jarang menggunakan campuran kentang lebih banyak menggunakan ubi. 

Tidak perlu menambahkan garam, karena bayi 0 – 12 bulan, indera perasa asinnya pun belum berfungsi. Dari yang aku baca juga, reaksi bayi terhadap garam sangat sensitif. Begitu dia menerima garam dari makanannya, tekanan darahnya akan melonjak tinggi. Hal ini dapat berdampak jangka panjang. 

Satu tahun pertama, usahakan makanan yang diberikan pada bayi tidak diberikan garam sama sekali. Dalam ASI, sayuran, kacang-kacangan dan daging sebenarnya sudah terdapat kandungan garam alami yang mencukupi kebutuhan bayi. 

Usia 8 Bulan 

Beberapa bayi dari usia 7 bulan sudah mulai merangkak, walaupun pada umumnya kemampuan merangkak dapat dilakukan bayi di usia 8-10 bulan. Di usia 8 bulan ini, Kathleenku belum mau merangkak, aku baru tersadar saat ibuku bertanya apakah Kathleen sudah mulai merangkak diusia 8 bulan ini. Kesalahan kami, selama ini kami kebanyakan mendudukan kathleen disofa bersama kami, sehingga tidak ada kesempatan untuk belajar merangkak di space yang luas. 

Akhirnya kami mulai banyak meletakkan kathleen di lantai beralaskan karpet, setiap aku pancing dengan mainannya dia akan melipat kakinya seperti mau merangkak, tetapi tidak mau mengangkat pantatnya. Kalau diajarkan merangkak dengan mengangkat pantatnya dia malah menagis (hadehhh). 

Dia sudah bisa mengungkapkan kekesalannya dengan bilang hhhhhhh, setiap dijejer mainan kesukaannya dia akan mencoba meraih, otomatis sama momynya langsung dijauhkan secara perlahan, dan anaknya pun jadi mangkel trus menangis. Sepertinya Kathleen tidak tertarik merangkak, tetapi dia akan senang sekali kalau diberdirikan sambil berpegangan pada kursi atau meja. 

Dari yang aku baca, tidak semua bayi melalui tahapan kemampuan merangkak karena merangkak bukan suatu kepandaian dan keharusan dalam suatu proses tumbuh kembang bayi. Bayi yang tidak melewati tahapan ini mungkin kemampuannya langsung meningkat ke tahapan berdiri dan berjalan. Melihat hal ini aku memberikan rangsangan bagi Kathleen, untuk duduk sehingga dapat memperkuat punggung dan bahu. 

Kathleen sangat senang jika diberi buku, terutama buku bacaan bergambar. Kami sering membaca atau melihat buku berwarna bersama, dan membiarkan Kathleen untuk membolak-balikkan halaman. Dia juga sudah mengenal gambar binatang, dan bus yang ada di kamarnya. Dia bisa meninjukkan jika ditanya yang mana singa (ein löwe), jerapah (eine Giraffe), monyet (ein Affe), maupun buaya (ein Krokodil). Dia selalu tertarik untuk mencabut semua wall sticker didinding ataupun deco yang ada kamarnya.  

Kathleen juga sudah mulai meniru perilaku orang di sekitarnya, dia paling suka diajak main ciluk ba. Dari usia 3 bulan kathleen memang suka bermain ciluk baa, dan ia akan tertawa terbahak-bahak. Diusia 8 bulan ini dia tidak hanya tertawa kalau diajak bermain cilukba, tetapi sudah ada tambahan kata mengucapkan baaa sambil membuka tanganku atau menarik sesuatu yang menutupi wajahku. 

kathleen juga sudah dapat makan biskuit finger food sendiri. Aku membiasakan Kathleen untuk duduk sendiri sambil mengambil dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Rangsangan ini selain bermanfaat untuk memperkuat otot punggung dan bahunya, juga berguna untuk melatih keterampilannya dalam menjumput dan menggenggam, di saat masa tumbuh gigi (teething). 

Kathleen mulai tumbuh gigi diusia 8 bulan. Gigi susu pertama biasanya dimulai dengan gigi seri pada rahang bawah dan disusul dengan gigi seri pada rahang atas. Yeay.....yang ditunggu akhirnya muncul juga, ya akhirnya Kathleenku mulai tumbuh gigi. Belum kelihatan tetapi akarnya sudah muncul. Agak susah untuk melihat apakah gigi anakku mulai tumbuh, karena dia selalu menutupinya dengan lidah. Tidak sengaja maminya meraba gusi, dan taraaaa. 

Menurut yang aku baca, setelah gigi mulai tumbuh, mulailah membersihkan gigi dengan menggunakan kain yang lembut dan lembab. Bersihkan setiap permukaan gigi dan batas antara gigi dan gusi secara seksama namun lembut. Kita juga dapat juga membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi khusus bayi/anak yang memiliki bulu yang lembut dan kepala sikat yang kecil. 

Tidak perlu menggunakan pasta gigi pada saat ini, tetapi basahilah dengan menggunakan air matang. Bersihkanlah gigi 2x/hari. Tetap jangan biarkan bayi tidur sambil minum susu menggunakan botol susunya. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada gigi anak. 

Usia 9 Bulan 

Di usia ini aku mulai memperkenalkan Kathleen dengan cangkir minuman plastik berwarna yang memiliki dua gagang. Aku membiarkannya untuk menggenggam dan belajar minum sendiri. tapi hati-hati ya, jangan tinggalkan bayi sendirian, jaga jangan sampai bayi tersedak dan bantu apabila si kecil menjatuhkan cangkir minumnya. 

Akhirnya blogger, diusia 9 bulan ini Kathleen mulai memperlihatkan kemampuannya untuk merangkak. kalau dibulan sebelum-sebelumnya, kami harus sedikit memaksa dia untuk belajar merangkak, tapi kali ini secara alami dia menunjukan kemampuan itu. 

Jadi ceritanya Kathleen mulai tertarik memegang kabel dan kotak listrik. Mulailah dia merangkak pelan untuk memegang kabel dan kotak listrik. Woowww otomatis momynya langsung sigap melarang, menjauhkan si bocah dari kotak listrik. Tapi justru malah membuat Kathleen semakin penasaran, biarpun dijauhkan sejauh-jauhnya, secara natural merangkak mendekat ke kabel dan kontak listrik. 

Mulai dari situ anakku mulai pintar merangkak. Hahaha lucu juga kalau dipikir, supaya momynya senang dan diijinkan main dengan kabel dan kontak listrik, mulai show off krabbeln (merangkak). Karena kathleen sudah mulai menjelajah kesemua sudut rumah, papanya mulai melakukan beberapa pengamanan termasuk yang berhubungan dengan listrik. 

Yang paling mengasyikkan saat ini bagi kathleen, ia sudah bisa diajak bermain permainan yang ada di taman. Ayunan khusus bayi, kuda-kudaan adalah favoritenya saat ini. Walaupun masih winter, udara dingin ataupun salju bukan halangan bagi kathleen untuk tidak bermain di taman. Terkadang disaat matahari muncul aku ajak dia untuk duduk-duduk dirumput taman. 

Diusia 9 bulan ini kami melakukan kunjungan ke dokter untuk imunisasi. Kathleen sudah mendapatkan suntikan Hepatitis B untuk ke3 kalinya. Dokter juga memberikan tablet Fluoretten untuk pertumbuhan giginya. Senangnya melihat buah hati kami tumbuh sehat dan aktif. Dan yang membuat kami bahagia, kami bisa melewati musim winter ini, puji Tuhan dalam keadaan sehat.

Demikian shareku kali ini mengenai buah hati kami, bagaimana dengan pengalaman kalian sebagai papa dan mama muda?. Kalian bisa share pengalaman kalian di kolom komentar. 

kalian juga bisa mengikuti ceritaku mengenai milestone babyku di cerita sebelumnya:

https://www.bojonesilviostorylife.com/2017/10/merawat-bayi-0-3-bulan.html

https://www.bojonesilviostorylife.com/2018/01/merawat-bayi-4-6-bulan.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku, kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße
Posted in

0 komentar:

Post a Comment