content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Wednesday, 3 January 2018

Hallo Blogger, untuk pertama kalinya aku ngeblog ditahun 2018 ini. Aku juga mau mengucapkan *Selamat Tahun Baru 2018*, untuk semua pembaca setia blogku. Semoga di tahun baru ini kita sekeluarga senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, dan senantiasa menyebarkan energi positif untuk alam semesta, dan tentunya sukses untuk kita semua didalam menjalani kehidupan.

Shareku kali ini mau cerita lagi perkembangan baby Kathleen yang saat ini sudah masuk usia 7 bulan. Sebagai seorang ibu, aku berusaha memberikan yang terbaik untuk putri kecilku. Setiap Milestone dalam kehidupannya sebagai semangat ditengah rasa kelelahan yang kadang melanda, karena mengurus segalanya hanya berdua saja bersama suami (meskipun porsi mama lebih yach pa).

Usia 4 Bulan

Di usia 4 bulan Kathleen masih lancar mendapatkan asupan asi dari momynya. Aku memang hanya memberikan asi sebagai makanan bagi kathleen tanpa tambahan makanan lainnya. Di usia 4 bulan ini, perkembangan motoriknya mulai meningkat, kathleen suka menarik-narik kaus kakinya sendiri dan kaki sering di angkat tinggi-tinggi, ia juga suka menendang-nendang dengan kakinya.

Babling dengan bahasa bayi yg cuma bisa dipahami kathleen sendiri hehehe,  Ia mulai tertarik dengan setiap benda yang ada dihadapannya baik boneka, mainan atau yang lainnya dan berusaha untuk menggenggam,  meremas, menarik untuk meraih benda yang menarik perhatiannya. Di usia 4 bulan bayi biasanya sudah bisa membedakan warna. Mana warna yang cerah dan mana yang hitam-putih, biasanya mereka suka warna yang cerah. Kathleen  juga suka melihat sesuatu yang warna-warni,  mainan gantung yang berwarna-warni dan bisa berputar jadi favoritenya.

Mata bayi sudah mampu mengikuti gerakan. Misalkan saja kamu keluar-masuk kamar, coba sambil perhatikan, mata bayi akan mengikuti gerakanmu. Kahleenku juga sudah bisa menahan berat kepala dan leher ketika sedang tengkurap, ia sudah mulai berusaha untuk berguling, biasanya berguling dari posisi tengkurap ke telentang, berayun dari sisi ke sisi dan kemudian membalikkan badannya. Setiap bayi senang melakukannya, tapi kamu harus terus mengawasi dan tidak boleh memaksanya untuk berguling. Biarkan dia melakukannya sendiri, atau kamu juga bisa coba rangsang dengan letakkan mainan favorit di dekatnya dan lihat bagaimana caranya untuk mendapatkan mainan itu. Sewaktu ia mencoba meraih mainannya ia mungkin akan berguling lagi.

Kalau bulan-bulan sebelumnya biasanya  sering begadang untuk menemani babyku yang kerap terbangun di malam hari, saat usia 4 bulan begadangnya sudah agak berkurang. Bayiku  sudah bisa nyenyak tidur semalaman, begitu  juga terlelap tidur  saat siang hari. Di usia 4 bulan tidak ada kontrol ke dokter hanya diberikan imunisasi saja.

Kathleen mulai belajar untuk berkomunikasi, melalui celotehan seperti ooh dan aah, pekikan dan tertawa, senang sekali  melihatnya tertawa. Ia juga bisa mengekspresikan  emosinya mulai dari tersenyum lebar karena gembira, muka cemberut karena kesal hingga membuka mulut lebar-lebar karena kaget atau heran. Katanya sih, bayi usia 4 bulan juga mulai belajar mengenali emosi orang terdekatnya dari suara dan ekspresi wajah kita. Jika kita berbicara dengan nada yang agak lebih tinggi maka sang bayi akan terdiam selain itu dia juga sudah mengenali mimik raut muka kita sehingga jika kita menunjukkan wajah yang sedih setiap saat, maka hal itu akan juga mempengaruhi kondisi emosionalnya.

Dengan lebih banyak mengajak anak bercanda, mengobrol dan bermain, maka secara tidak langsung akan membentuk karakter dia. Setiap interaksi kita dengan bayi  akan berpengaruh terhadap perkembangannya, oleh sebab itu manfaatkan fase ini sebaik-baiknya agar dimasa depan bayi kita menjadi orang yang berkarakter baik. Banyak sekali tingkah-tingkah lucu kathleen, setiap hal kecil yang di perbuatnya sudah cukup membuat papa dan momynya tertawa bahagia.

Usia 5 Bulan

Di Indonesia biasanya dokter baru menyarankan memberikan MAPASI saat anak berusia 6 bulan, tetapi di Jerman sejak bayi berusia 5 bulan mereka sudah menyarankan untuk memberikan MAPASI bagi bayi. Ini tergantung kalian ya, mau memberikan MAPASI saat bayi berusia 5 atau 6 bulan. Dari yang aku baca tidak masalah memberikan MAPASI dari usia 5 bulan asalkan melalui persetujuan dokter, dan melihat respon bayi. Tanda bayi sudah siap menerima makanan padat, diantaranya:


  • Memperlihatkan tanda-tanda tertarik dengan makanan misalnya memperhatikan makanan kita, menyentuhnya, mengambil, dan memasukkan makanan dari piring kita ke mulutnya.
  • Bayi sudah bisa menopang kepalanya dengan baik.
  • Kemampuan koordinasi bibir bawah untuk menyedot makanan dari sendok.
Aku belum memberikan makanan padat untuk kathleen diusia 5 bulan, aku hanya memberikan  Pure buah, seperti:  pisang,  pir, dan apel. Kathleenku enggak suka dengan pure wortel, pertama kali diberikan pure wortel, malah muntah. Entah kenapa mungkin karena baunya yang menyengat kali yak, tapi kalau diberi pisang atau apel suka sekali.

Saat  usia 5 bulan Kathleen sudah bisa duduk tegak untuk waktu yang lebih lama. Kebanyakan bayi menyukai posisi ini, di mana ia bisa melihat tubuhnya dan hal menarik lainnya di sekitarnya. Kadang-kadang aku  masih harus menyangganya, tapi biasanya ia sudah bisa duduk tanpa disangga selama beberapa saat. Kathleen suka sekali memasukkan tangan  kemulutnya, dia lebih tertarik memasukkan tangan kemulut dibanding menggunakan teethers, dan air liurnya banyak sekali. Kadang ia senang mengelap air liurnya ke muka papa atau mamanya (kalau kata papanya sabber, sabber) dalam bahasa Indonesia artinya iler,  hehehehe.


Saat bermain & mainannya masih tegak berdiri
Setelah mainannya ditarik & ambruk
Sebenernya dari usia 3 bulan, aku sudah sering membawa kathleen melihat wajahnya di cermin. Ia akan tertawa terpingkal-pingkal jika digoda didepan cermin. Kathleen sudah dapat mengenali orang-orang terdekatnya (momy dan papanya), ia akan menangis jika berada di antara orang-orang atau lingkungan yang tidak dikenalnya.

Aku berusaha untuk memberikan stimulasi untuk kecerdasannya. Salah satu stimulasi yang aku lakukan untuk perkembangan kecerdasan otaknya dengan melakukan kegiatan berikut :
  • Aku sering mengajak Kathleen berbicara meskipun ia belum bisa membalasnya dengan aktif. Menatap wajahnya dan membuat ekspresi wajah sehingga ia belajar mengenali hubungan antara kata dan perasaan yang aku sampaikan.
  • Mengajarkan Kathleen memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain dengan cara meletakkan mainan di salah satu tangannya, kemudian pindahkan ke tangan satunya sambil menyebutkan nama benda tersebut. Kathleen tidak hanya hanya belajar memindahkan benda, tetapi ia pun juga belajar mengenal kosakata dan nama benda yang ada di sekitarnya.
  • Meletakkan satu mainan favoritnya di luar jangkauannya dalam posisi tengkurap, lalu melihat usahanya untuk meraih mainan tersebut. kalau ia belum mampu, aku menggeser mainan agar lebih dekat dengan jangkauannya sehingga ia belajar untuk tidak menyerah.
  • Mendengarkan musik apa saja mulai dari jenis klasik, jazz, pop, hingga tradisional.
Aku mulai  membiasakan Kathleen untuk memiliki pola tidur yang baik, pola tidur dapat dilatih dengan cara memberikan kegiatan yang berurutan. Setiap sore aku membersihkan Kathleen dengan washlap, lalu memakaikan piyama, mengajak bermain dengan bernyanyi atau dibacakan cerita, lalu Pukul 20.30 mulai memberikan susu dan pergi tidur. Aku melakukan hal ini berulang-ulang, supaya ia terbiasa memiliki jam tidur yang baik.


Relaxe  di taman with papa
Usia 6 Bulan

Saat Kathleen berusia 6 bulan aku mulai memberikan makanan padat seperti kentang, sayuran, daging, ikan dan buah-buahan. Kathleen suka sekali makan ubi (Süßkartoffel) yang dicampur dengan sayuran dan daging atau ikan salmon (lachs) dan buah-buahan. Aku terkadang memberikan tambahan keju (käse), atau butter maupun räpsöl. Dokter menyarankan untuk memberikan Räpsöl ke dalam makanan bayi karena memiliki kandungan Omega 3 yang lebih tinggi sekitar 10 kali lipat jumlah yang ditemukan dalam minyak zaitun. Minyak ini mengandung vitamin E dan K, dan tingkat lemak jenuhnya terendah dari minyak apapun, lebih rendah dari minyak zaitun. Minyak räpsöl membuat makanan bayi lebih sehat, maka disarankan memberikan satu sendok makan kedalam makanan bayi.

Karena sudah makan makanan padat, PUP kathleen pun tidak sebanyak sebelum mendapatkan MAPASI, dan kathleen juga kadang suka susah pup. Setelah dibicarakan dengan dokter jika diberikan asi memang pupnya terkadang susah bahkan ada yang sampai 1 minggu tidak pup. Kalau kathleen sendiri paling lama 3 hari tidak pup, setelah itu pup dan dalam sehari bisa sampai 3 kali pup (hehehe). Setelah MAPASI pup kathleen  padat tidak cair seperti sewaktu hanya diberikan asi saja.

Kathleen sangat suka saat dia dimandikan, karena dia bisa main air dan membuat suara dan cipratan air.  Di Jerman bayi-bayi tidak dimandikan tiap hari, tetapi seminggu hanya 2 kali dimandikan dan selebihnya setiap hari hanya di lap dengan washlap. Karena disini udaranya dingin, kalau bayi dimandikan tiap hari dan memakai sabun banyak-banyak, akan menyebapkan kulit menjadi kering. Setiap hari bayi cukup di lap dengan air hangat dan sedikit cairan baby shoap untuk mengangkat kotoran yang menempel dibadannya.

Diusia 6 bulan ini ia mulai manja sekali, maunya selalu bersama dan tidak mau ditinggal sendirian. Kalau momynya pergi kedapur atau kekamar madi pasti dia akan menangis. Tidak selalu harus digendong  tetapi harus kelihatan dimana momynya berada must standby next her. Repotnya kalau kebelet pup wah terpaksa buka pintu kamar mandi lebar-lebar, itupun tidak bisa berlama-lama ria dikamar mandi (hehehe).

Setiap hari aku membiasakan kathleen untuk jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah. Bagi orang Jerman jalan-jalan  merupakan hal yang wajib. Para orang tua di Jerman memang membiasakan mengajak balitanya ke luar rumah untuk sekadar duduk-duduk di taman atau menghirup udara segar. Cuaca buruk bukan menjadi halangan untuk tidak keluar rumah, Aku hanya menyiapkan pakaian hangat untuk melindungi tubuh saat cuaca di luar tidak bersahabat. 

Pada Usia 6 bulan kathleen  melakukan pemeriksaan U5 (pemeriksaan untuk bayi usia 6-7 bulan). Fokus pemeriksaan adalah koordinasi tangan, perkembangan bahasa dan interaksi sosial. Pemeriksaan motorik dan respon terhadap lingkungan misalnya meraih benda. Pemeriksaan fisik, penglihatan dan pendengaran. Vaksin yang diberikan tetanus, difteri, pertusis, polio, Haemophilus influenzae type b (Hib), pneumococcal, dan menyelesaikan vaksin rotavirus. Berat badannya saat usia ini 7.46 Kg, dan tinggi badannya 69 cm serta lingkar kepala sebesar 42 cm.  Kathleen termasuk anak dengan kategori tinggi, seperti opa ya nak, dan senang sekali mendengar dari dokter, kalau berat badannya normal.
Setiap anak itu sangat special & punya karakter masing-masing, tumbuhlah sehat nak dan menjadi manusia yang berguna. Doa kami selalu bersamamu anakku, agar Tuhan Yesus senantiasa menganugerahimu berkat kesehatan dan bahagia selalu. Begitulah cerita happyku bersama the only one cute Kathleen, apa kalian punya keseruan yang sama sepertiku bersama your kiddos ? mau dunk berbagi di kolom komentar dibawah ini.

Kalian juga bisa, mengikuti cerita lainnya tentang milestone bayiku, berikut storynya;

https://www.bojonesilviostorylife.com/2017/10/merawat-bayi-0-3-bulan.html
 
https://www.bojonesilviostorylife.com/2018/03/merawat-bayi-7-9-bulan.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße
Posted in

4 comments:

  1. baby kathleen lucu banget sih, foto-fotonya juga keceee...anakku juga aku perkenalkan MPASI ketika usianya belum 6 bulan. Kira-kira usia 5,5 bulan...dan syukurlah mereka menikmati MPASI yang aku berikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo tante retno Salam kenal dari aku n momyku. Kakaknya sudah besar2 ya. Wuah senangnya maen bareng ber3. Sukses untuk tante n blognya juga keren ya tant dapet banyak penghargaan. Grüße Von Deutschland.

      Delete
  2. Kalau anak pertama sudah aku kaish makan saat usia 4 bulan (sdh dibolehin dokter anak), lagipula aku ga full asi kan. Pas anak kedua nih pas usianya 5 bln baru makan deh.
    Anak dibawah 1 tahun masih montok, gemes lihat Kathleen, ntar klo sudah diatas 1 tahun sdh bisa lari, ga bisa diam kecuali tidur, jadi kurusan deh :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kathleen maem sam mimik cucunya banyak tante nella makanya embemmmm. iya kak betul itu, Ponakanku juga gitu sebelum jalan chubby banget, montok pisan. Begitu dah bisa jalan montok sama chubbynya ilang,sekarang udah 3 tahun udah selesai masa lucunya.

      Grüße

      Delete