content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Monday, 18 December 2017

Blogger setelah melakukan perubahan Familien Name, dan melakukan perpanjangan paspor di KBRI Berlin, selanjutnya aku melakukan perpanjangan elektronische Aufenthalstitel yang habis masa berlakunya di Desember 2017 ini. Seperti ceritaku sebelumnya bahwa aku akan mengganti data yang ada di kartu identitas baruku, dengan menambahkan Familien Name  (nama keluarga suami). 

Sebelumnya aku mengambil formulir perpanjangan Aufenthalstitel di Landratsamt yang ada di kotaku. Begitu akan mengembalikan berkas formulir, karena ada perubahan data Familien Name, kami harus mengurus perpanjangan Aufenthalstitel di Landratsamt Nordsachsen di Delitzsch, tempat dimana aku membuat Aufenthalstitel  pertama kali ketika tiba di Jerman. Landratsamt Nordsachsen ini melayani wilayah utara Sachsen, satu tingkat lebih tinggi diwilayah tempat tinggal kami di Oschatz.

Sewaktu sampai di Landratsamt, kami lalu mencari ruangan dengan inisial nama belakangku. Karena Familien Nameku Hübner, jadi kami menuju ruangan yang didepannya ada initial huruf *H*. Berikut dokumen yang kamu persiapkan:
  • Formulir perpanjangan Aufenthalstitel (bisa diambil di Landratsamt dikota tempat tinggal kamu)
  • Foto 4 x 6 (Biosimetris)
  • Paspor
Syarat dokumen lain yang diminta Aufenthaltstitel lamaku mereka ambil, dan aku mendapatkan kartu sementara pengganti Aufenthatstitel. Aku juga melakukan pengambilan cap jari dan membayar biaya perpanjangan  sebesar  106 Euro.  Saat aku berada di Landratsamt aku ingin nama di ID ku nanti menggunakan nama Yosefin Respati Hübner. Tetapi aku tidak bisa hanya menggunakan Yosefin Respati Hübner, hal ini dikarenakan namaku harus sama dengan nama yang tertera di pasporku.

Saat menambah Familien Name di paspor, Pihak KBRI Jerman tidak bisa menghilangkan nama widirahayu, tadinya aku mau pakai nama Yosefin Respati Hübner saja. Tetapi kalau tanpa nama akhirku (widirahayu), aku harus mengurus pergantian nama dulu, merubah namaku melalui pengadilan di Indonesia, yang pastinya akan ribet dan panjang prosesnya. Hal ini dikarenakan berhubungan dengan semua docsku di Indonesia yang harus dirubah semua. Oh no sudah kebayang gimana birokrasi di Indonesia yang ribet dan panjang. So karena pertimbangan ini, maka aku menggunakan nama asliku yang panjang, dan ditambahkan Familien Name suamiku dibelakangnya, hehehe jadi super panjang dech namaku sekarang. Nama yang tertera di Aufenthalstitelku yang baru menjadi Yosefin Respati Widirahayu Hübner (panjang bener ya. tapi ya sudahlah mau gimana lagi).

Proses pengurusannya berdasarkan info sih sekitar 3-4 minggu, ketika sudah jadi kita akan diinfo via surat. Tetapi setelah menunggu lebih dari 1 bulan belum ada tanda-tanda kartu identitasku jadi. So Silvio berinisiatif untuk menelpon Landratsamt menanyakan sejauh mana penyelesaian ID ku. Agak sulit untuk mengontak Landratsamt nada sambung tapi tidak ada yang menjawab (hemmm penyakitnya sama seperti di Indonesia nich). Setelah berkali-kali telfon akhirnya tersambung juga. Terkejutlah suamiku mendengar jawaban pegawai di Landratsamt kalau mereka baru akan menyelesaikannya. Whattttsss udah sebulan belum diurus juga? Hemmm entah kenapa birokrasinya ribet banget.

1 minggu kemudian aku mendapat surat pertama dari Landratsamt di Nordsachsen, bahwa kartuku sudah dikirimkan  untuk dicetak. Informasi dari mereka lagi, selanjutnya mereka akan mengirimkan pasword untuk pengambilan ID ku yang nantinya bisa diambil di Landratsamt dikota tempat tinggalku. 1 minggu berikutnya mereka mengirimkan surat kedua melalui pos, pasword untuk pengambilan ID ku nantinya. Sebelum melakukan pengambilan kartu di Landratsamt aku diminta menelpon Landratsamt di Nordsachsen untuk konfirmasi pasword. Karena aku belum lancar bahasa Jerman, suamikuyang mewakili menelpon Landratsamt di Nordsachsen.

Akhirnya setelah menelpon mereka dan melakukan konfirmasi pasword, kartuku bisa diambil di landratsamt di kota Oschatz.  Untuk syarat pengambilan, kartu Aufenthalstitel tidak bisa diwakili, jadi kamu harus datang sendiri dengan membawa paspor kamu.  Aufenthalstitelku yang baru berlaku untuk jangka waktu 3 tahun. Penantian yang sangat panjang sekali, total waktu 1 bulan 3 minggu (7 minggu). Hemm lama kan, menurut info dari beberapa blog yang aku baca, memang waktu penyelesaiannya antara 6 sampai dengan 8 minggu. Jadi saranku, kalau sudah 1 bulan belum ada tanda-tanda kartu dikirim, lebih baik segera menelpon ke Landratsamt untuk menanyakan sejauh mana penyelesaiannya. Kalau kita tidak aktif dan hanya diam saja, wasalam deh akan lama.


Mein Aufenthalstitel

Demikian blogger share ku kali ini, semoga bermanfaat. Walaupun agak repot dan membutuhkan waktu yang panjang, tapi berusaha untuk dinikmati dan dijalani dengan sabar.  By the way gimana dengan kalian? boleh dishare dikolom komentar dibawah ini, mengenai pengalaman kalian saat memperpanjang Aufenthalstitel, samakah nasibnya dengan ku?.

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße 



Posted in

2 comments:

  1. Kalau aku sudah unbefristet aufenthaltserlaubnis, tapi sih tiap ganti paspor harus perbaharui aufenthaltserlaubnis nya juga, jadi ya tiap 5 tahun deh diganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo kak nella,

      aufenthaltserlaubnis ini didapet setelah 5 tahun menetap di Jerman kah kak? karena aufenthaltstitelku berlaku hanya untuk 3 tahun dan perpanjang lagi.

      Grüße

      Delete