content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Thursday, 12 October 2017

BLOGGERS memiliki anak yang sehat pastinya menjadi harapan setiap orang tua dimuka bumi ini. Melihat anak tumbuh berkembang dengan sehat merupakan anugerah yang tidak dapat diukur dengan materi apapun. Saat ini Kathleen sudah berusia 4 bulan, seneng banget melihat dia tumbuh sehat dengan asupan asi yang cukup bagi perkembangannya. Saat ini aku mau share ke teman-teman mengenai pengalamanku dan Silvio merawat unsere kleine Mäuschen"Kathleen" kami.

Papa n Kathleen



Begitu Kathleen lahir kami langsung menelfon Hebamme kami. Hebamme itu adalah  bidan yang ngecek ibu dan bayi saat ibu dan bayi berada di rumah. Sampai umur bayi 2 bulan beliau akan pantau dan datang langsung ke rumah untuk membantu dan melihat perkembangan bayi kita. Semua fasilitas ini Gratis dibayarkan oleh asuransi. Dari jauh hari usahakan untuk mencari Hebamme, karena mereka juga punya pasien lain kalau penuh ya gabisa terima pasien baru. 

Bersyukur dengan  adanya hebamme ini sangat membantu terutama bagi ibu muda yang belum pernah melahirkan, jauh dari family  dan tidak tau detail merawat bayi. Tugas hebamme  ngecek kondisi ibu, jahitan pasca melahirkan, konsultan laktasi, nimbang bayi, ngukur tinggi bayi, mandiin bayi, gantiin popok, sampai ngurus puput puser. Walaupun saat ini kita bisa mencari informasi apa saja melalui internet, tetapi kehadiran hebamme bagi aku sangat membantu sekali terutama untuk memantau langsung perkembangan Kathleen.

New Baby Born
# Usia bayi  0-1 Bulan #

Menjadi ibu baru yang minim pengalaman dan jauh dari orang tua dan kerabat memang membuatku cukup kewalahan. Peran seorang suami untuk berkolaborasi mengurus anak memang sangat dibutuhkan. Minggu pertama sampai minggu keempat menjadi masa rawan pertengkaran bagi orang tua baru, dan itu terjadi diantara kami. 

Stres pun melanda karena harus melakukan semua aktifitas mulai dari merawat bayi, bersih-bersih rumah, mencuci, menyetrika ataupun memasak tanpa bantuan kerabat, semua dilakukan oleh kami berdua. Padahal badan ini belum pulih total setelah melahirkan, Otomatis kebebasan kami sebelumya berganti dengan aktifitas merawat bayi yang membutuhkan ekstra ketelatenan dan tenaga serta pikiran.


Kathleen usia 2 hari
Beruntung asiku lancar dan kathleen mempunyai asupan makanan yang cukup. Sejak pertama Kathleen pintar mencari puting ibunya. Tetapi walaupun asiku sangat lancar aku mengalami kelelahan fisik dan keteteran. Walaupun Kathleen sering tertidur tetapi frekuensi tidurnya minim hanya 1 jam dan bangun terus menyusui, sehingga aku kelelahan karena tidak bisa istirahat,  sedikit-sedikit Kathleen terbangun dan menangis.

Kalau di Indonesia orang tua baru biasanya pada malam hari begadang sampai subuh, tetapi berbeda dengan anak kami. Anakku itu sebenernya pengertian dengan orang tuanya, dia rewel  dan menangis terus pada sore hari sampai matahari tenggelam. 

Kathleen lahir saat summer dan kalau saat summer matahari tenggelam pukul 9 malam. Setelah matahari tenggelam dan gelap dia akan tertidur, tetapi saat terang mulai jam 2 sore sampai  malam dikit-dikit nangis, kalau dibaringkan menangis maunya minta digendong terus ,bener-bener rewel dan membuat ibunya kelelahan.

Akhirnya aku membaca diinternet bagaimana merawat bayi yang baru lahir. Dari situ aku mengetahui manfaat membedong atau Swaddling, tadinya aku berfikir kunolah pake bedong-bedongan udah ga jaman apalagi untuk yang tinggal di negara barat. 

Ternyata manfaatnya sangat membantu sekali bagi kami. Aku melakukan bedong hanya pada siang hari. Untuk tidur dimalam hari Kathleen tidak perlu dibedong karena boboknya teratur. Dulu sebelum dibedong tidurnya hanya 1 jam dan terbangun, tetapi setelah dibedong tidurnya bisa sampai 3 jam.

Dari artikel yang aku baca, ternyata penyebab bayi baru lahir sering terbangun karena kaget, akibat dari refleks kejut bawaan dari lahir atau biasa disebut refleks moro. Refleks  pada bayi baru lahir saat tidur ini berupa sentakan seperti kaget.  Dari informasi yang aku baca refleks ini membantu bayi beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. 

Saat tersentak kaget seringkali bayi tetap terlelap, hanya kedua tangannya yang terentang, dan kadang-kadang juga menangis. Saat bayi kaget juga menandakan otot-otot refleksnya bekerja dengan baik, sekaligus memperlihatkan daya pendengarannya berfungsi dengan baik.


Nyaman tidur dengan schlafsack
Pemeriksaan Dokter U1 dan U2

Sejak usia 0 bulan Kathleen setiap bulan melakukan kontrol ke dokter. Dokter di RS akan memberikan jadwal untuk kontrol setiap bulannya yang dikenal dengan U1, U2, U3 dst. "U" adalah singkatan dari Untersuchungen yang artinya pemeriksaan. Setiap anak memiliki buku yang harus selalu dibawa setiap kali kontrol ke dokter. Buku pertama berwarna kuning yang diberikan saat lahir. Dalam buku ini mencakup data pemeriksaan sejak lahir hingga usia 5 tahun (pemeriksaan U1-U9).

U1: Pemeriksaan pertama, ; Merupakan pemeriksaan pertama pada saat bayi baru lahir (saat berada di RS). · Pemeriksaanya meliputi pemeriksaan warna kulit, denyut jantung, respons refleks, tonus otot dan pernapasan · Pemeriksaan adanya malformasi, ikterus (kuning) dan tanda prematuritas. · Pengukuran berat lahir, panjang badan dan lingkar kepala. · Pemberian vitamin K untuk mencegah perdarahan.

U2: Pemeriksaan dasar (usia 3-10 hari) · Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan pada bayi yang biasanya dilakukan saat masih di RS. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik menyeluruh dari kepala hingga kaki. Dokter akan memeriksa adanya tanda defek atau malformasi. Mulai dari pemeriksaan kepala, ubun-ubun, pemeriksaan mata, pemeriksaan pendengaran, pemeriksaan paru dan jantung, pemeriksaan abdomen, tali pusat, genital, saturasi oksigen, hip dan USG. Pada saat pulang, bayi akan diberikan vitamin D dan tablet fluoride untuk kesehatan tulang dan gigi.

Perkembangan Berat badan tiap bulan :  

Usia 0 bulan BB : 3,4 Kg   ;   Panjang : 53 cm   ;  Lingkar kepala : 35 cm
Usia 1 bulan BB : 4,4 Kg   ; Panjang : 55 cm   ;  Lingkar kepala : 36,5 cm

(tidak perlu kuatir apabila  BB bayi mengalami penurunan setelah 5 s/d 7 hari, hal ini normal karena berat bayi yang turun ini merupakan cairan yang hilang dari tubuh bayi. Saat di dalam rahim, bayi hidup di dalam cairan, sehingga saat lahir bayi membawa banyak cairan ekstra. Cairan ekstra dalam tubuh bayi ini akan hilang secara perlahan dalam beberapa hari setelah bayi lahir, sehingga berat badan bayi pun ikut turun)

# Usia bayi  2 Bulan #

Setelah 40 hari jangan lupa minta janji ketemu juga sama dokter kandungan untuk cek lebih lanjut. Kunjungan ini untuk mengecek kondisi rahim pasca melahirkan, mengecek Jahitan kalau kamu melakukan operasi Cesar seperti aku. Dokter juga akan bertanya apakah kita akan berKB dan Kb apa yang akan kita jalani. Kalau kamu memutuskan untuk KB suntik, pil, atau spiral pastinya diperlukan janji lebih lanjut lagi untuk berkomunikasi dengan dokter kandungamu.

Di Jerman bayi-bayi tidak setiap hari dimandikan, cukup seminggu 2 kali dimandikan di badewanne. Biasanya setiap hari hanya di lap (waschen)  dengan air dan washlap yang diberi sedikit sabun. Tidak seperti di Indonesia harus setiap hari mandi, karena disini udaranya dingin, kalau bayi dimandikan tiap hari dan memakai sabun banyak-banyak, akan menyebapkan kulit menjadi kering. Jangan lupa setelah menuang air pastikan suhu air 37 derajat celcius, gunakan badethermometer untuk mengukur suhu air.



Saat memandikan bayi pun tidak boleh terlalu lama agar bayi tidak mudah kedinginan. dianjurkan menutup pintu dan jendela terlebih dahulu agar bayi tidak menjadi kedinginan. Sesudah dimandikan langsung dibungkus dengan handuk yang bertudung kepala supaya mudah mengeringkannya. Sebagai tambahan disarankan untuk memiliki Warm Lampe (lampu penghangat) yang biasanya diletakkan diatas Wickeltisch (meja untuk mengganti popok bayi) agar bayi  tetap hangat saat dikeringkan sehabis mandi, atau saat diganti popoknya :)

Waspadai juga dengan konstipasi pada bayi, dimana kondisi bayi susah bab atau sembelit. Sembelit memang jarang terjadi pada bayi baru lahir, apalagi yang diberi ASI. Hal ini karena dalam ASI memiliki kadar laktosa yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya konstipasi. Namun, pada bayi baru lahir yang diberikan susu formula, konstipasi atau sembelit mungkin saja terjadi. Biasanya apabila hal ini terjadi bayi akan menangis tanpa berhenti dan rewel, walaupun sudah diberikan susu.

Biasanya aku akan melakukan kompres pada perutnya menggunakan kompres perut untuk baby dan selalu sedia Kümmel Öl. Kümmel Öl ini manfaatnya sama seperti minyak telon, memberikan rasa hangat pada bayi. Usapkan pada perut bayi dan dimassage memutar searah jarum jam. Biasanya setelah ini bayi bisa buang gas.  



Pemeriksaan Dokter U3

U3 adalah pemeriksaan neurologis ( dilakukan di Kinderarzt Praxis) dan pemeriksaan pertama ini memakan waktu yang lama. · Pertama bayi akan ditimbang, diukur panjang badan dan lingkar kepala untuk menentukan status nutrisi. Lalu dokter melakukan pemeriksaan fisik, refleks, kontak mata, respon terhadap suara dan kemampuan mengangkat kepala. Orang tua juga akan ditanya tentang kebiasaan minum, defekasi dan kecenderungan alergi. Dokter anak akan memberikan informasi tentang nutrisi, ritme tidur dan bangun. Pemeriksaan sendi panggul lebih seksama untuk mendeteksi adanya deformitas kongenital. Pada usia ini kelainan ini bisa dengan mudah dikoreksi.

Perkembangan Berat badan tiap bulan : 

Usia 2 bulan BB : 5,4 Kg ; Panjang : 57,5 cm ; Lingkar kepala : 36,5 cm
 
# Usia bayi 3 Bulan #

Diusia 3 bulan kathleen sudah jarang menangis, dan tidak selalu minta digendong. Dalam mendidik kathleen aku memang menerapkan mix didikan barat dan Indonesia. Didikan barat yang melatih anak untuk mandiri sejak kecil kami terapkan juga kepada anak kami. Kami mulai menerapkan agar kathleen mulai tidur dikamar sendiri. Sebelumnya kathleen memang tidur satu kamar dengan kami, walaupun menggunakan stuben wagen sendiri. 

Pertama-tama kami memulai cara ini, harus dibutuhkan tekad tega untuk kebaikan. Pastikan anak sudah disusui dan dalam keadaan kenyang. Lalu pastikan juga popoknya baru dan kenakan pakaian tidur  (schlafanzug) yang bersih, dan schlafsack, (selimut berbentuk kantung tidur yang dipakaikan kebadan bayi seperti baju) untuk menggantikan selimut biasa untuk mencegah hidung bayi tertutup selimut.


Kathleen saat tertidur di kinderbett
Selama 4 hari pertama menerapkan cara ini, setiap kami tinggal kathleen akan menangis sekejer-kejernya, kadang-kadang sampai suaranya hilang. Setiap 15 menit kami masuk kekamarnya untuk coba menenangkan kathleen dan mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja dan kamu harus tidur sendiri karena sudah besar. Usahakan untuk tidak memandang matanya, dan jangan pernah mengangkat anak dari bednya. 

Setelah itu kembali lagi 20 menit kemudian dan ditinggal lagi, begitu seterusnya sampai anak tertidur sendiri. Menangis adalah senjata anak, pasti awalnya akan merasa kasihan dan tidak tega, tetapi yakinkan bahwa pola ini untuk kebaikan anak dan juga sangat membantu bagi orang tua yang merawat anak tanpa bantuan kerabat.  Paling lama kathleen menagis 40 menit, dan hari-hari berikutnya kathleen sudah terbiasa tertidur sendiri.

Agar bayi nyaman berada dikamarnya, jangan lupa perhatikan juga suhu kamarnya. Suhu kamar  ideal untuk bayi adalah 16-20 celcius, yang berarti tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat.  Dan untuk mengecek bayi apakah ia kedinginan atau kepanasan, yang paling optimal adalah dengan memeriksa dibagian belakang leher (pundak) bayi, akan teraba dingin jika ia kedinginan atau berkeringat jika ia kepanasan.


Kathleen's Zimmer
Jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah setiap hari merupakan hal yang wajib bagi masyarakat Jerman. Mereka tidak peduli akan cuaca buruk pada hari itu, jangan heran kalau saat hujan tetap saja ada orang tua yang mendorong kinderwagen untuk mengajak anaknya menghirup udara yang fresh.  

Mereka biasanya menyiapkan pakaian terbaik untuk anak mereka yang mampu melindungi tubuh saat cuaca di luar tidak bersahabat. Para orang tua di Jerman memang membiasakan mengajak balitanya ke luar rumah untuk sekadar duduk-duduk di taman atau menghirup udara segar.
 

Pemeriksaan Dokter U4

U4: Usia 3-4 bulan Setiap kontrol akan dilakukan pengukuran berat badan, panjang badan, lingkar kepala. Lalu dilanjutka  pemeriksaan fisik, sistem organ, mata, telinga. Pemeriksaan refleks, motorik, kemampuan meraih benda dan intensitas kontak mata, pemeriksaan penglihatan dan pendengaran . Pemberian vitamin D dan fluoride untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan pembentukan tulang dan gigi.



Kathleen Usia 3 bulan
Perkembangan Berat badan tiap bulan :  
 Usia 3 bulan BB : 6,1 Kg ; Panjang : 64 cm ; Lingkar kepala : 40 cm

Imunisasi setiap bulan :
  • Usia 0 bulan : Imunisasi Hepatitis B 
  • Usia 1 bulan : Imunisasi Hepatitis B 
  • Usia 2 bulan : Imunisasi Tetanus, DPT, Pertusis, Indluenza, Polio, 
  • Usia 3 bulan : Imunisasi Tetanus, DPT, Pertusis, Indluenza, Polio, (sama dengan bulan ke 2) 
*Kami sebagai orang tuamu berusaha sebaik mungkin menjagamu. Dan tidak lupa dalam setiap doa, kami sebut namamu agar Tuhan pun campur tangan menjagamu, dan mengajarkan kesabaran bagi kedua orang tuamu untuk mendidik dan membesarkanmu dengan kebahagiaan*. 


Demikian shareku kali ini, semoga bermanfaat terutama untuk kalian yang menjadi orang tua baru. kalian bisa mengikuti cerita lainnya tentang milestone babyku, berikut storynya:


https://www.bojonesilviostorylife.com/2018/03/merawat-bayi-7-9-bulan.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku. 

Grüße
 
Posted in

0 komentar:

Post a Comment