content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Saturday, October 28, 2017

HALO blogger, menu yang satu ini salah satu resep masakan Jerman yang cukup terkenal. Menu ini menjadi salah satu menu kesukaan suamiku, biasanya  menu ini disantap dengan nasi putih. Sebelumnya kami biasanya membeli Hühnerfrikassee instant yang tersedia di Supermarket-supermarket di Jerman. Aku kepikiran untuk mencoba memasak sendiri menu ini, biar puas makannya dan karena memang yummy rasanya.

Berikut aku share bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahannya:

  • 300 gr daging ayam
  • 500 ml Air Kaldu 
  • 100 ml Krim kental ( Schlagsahne)
  • 1sdm tepung terigu (Mehl)
  • 1sdm butter
  • 1 butir kuning telur
  • Zitronensaft ( 1/2 jeruk nipis, ambil airnya)
  • 1 buah bawang Bombay (Zwiebel)
  • 1 buah tomat, belah menjadi 4 bagian
  • 2 buah wortel (potong 4 bagian agak besar)
  • 100 gr kacang polong (Erbsen)
  • 100 gr Jamur Champion, belah menjadi beberapa bagian
  • 100 gr Spargel (jika suka)
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
Cara membuat:

  • Pertama-tama kita akan membuat Kaldu atau bruhe. Bawang Bombay dibelah 2, dan di tumis sampai kecoklatan (aku biasanya suka yang agak sedikit kehitaman).
  • Siapkan panci, rebus ayam bersama wortel, tomat, bawang  bombay, garam  dan lada, kurang lebih selama 20 menit.
  • Setelah mendidih, kemudian saring dan diambil kaldunya, sementara wortel dipotong dadu,  dan daging ayam disuwir-suwir (tomat dan bawang bombay tidak digunakan lagi).
  • Panaskan panci lain, untuk mencairkan butter, lalu masukkan tepung terigu, dan aduk-aduk dengan whisk sampai mendidih, setelah itu,
  • Masukkan air Kaldu yang sudah disaring kedalam campuran butter dan tepung terigu (sedikit demi sedikit sampai larut), aduk-aduk menggunakan whisk.
  • Kocok kuning telur, dan campur dengan Schlagsahne. Tuang kedalam panci berisi Kaldu, aduk-aduk sampai krim  mengental
  • Masukan zitronensaft, dan masukkan juga ayam suwir, kacang polong, jamur champion dan wortel, dan spargel.
  • Tambahkan garam dan merica bubuk sampai mendapatkan rasa yang pas.
  • Hühnerfrikassee siap dihidangkan hangat-hangat bersama nasi putih.



Dibeberapa resep ada yang menggunakan anggur putih, tetapi di resep ini aku mengikuti resep menggunakan schlagsahne, seperti resep menu yang sering digunakan pada umumnya. Kalau sudah makan menu yang satu ini, pasti nambah-nambah terus. 

Semoga resepnya berguna ya dan kalian suka. Untuk temen-temen di Indonesiapun bisa coba mempraktekkan menu ini, karena bahan-bahannya cukup familiar kecuali Spargel, kalau tidak ada bisa di skip.

Kalian bisa melihat resep masakan Jerman lainnya di sini https://www.bojonesilviostorylife.com/2018/01/puten-paprika-curry-kari-kalkun-paprika.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße

Wednesday, October 25, 2017

Kali ini aku mau buat Baked Potato dengan brokoli dan saus melted cheese. Sebenernya bapaknya Kathleen tuh termasuk bule ajaib. Kenapa ajaib?,  sebagai bule yang tinggal di negara barat, suamiku nggak suka makan keju terlalu banyak, begitu juga dengan coklat. Ya ampun.....itukan makanan paling enak dan mewah kalau di Indonesia. 

Karena bosan dengan masakan kentang yang hanya biasa, direbus atau baked polosan dengan garam dan merica saja, akhirnya aku bikin juga degh menu yang satu ini. kalau Silvio nggak suka karena ada kejunya, ya sudah paling ngga tetep bisa makan kentang dan brokolinya. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-bahannya: 
  • Kentang ukuran besar 5 buah. 
  • Brokoli yang masih segar, jangan lupa cuci dulu sampai bersih.
Bahan Saus Keju :
  • 300 ml  susu cair  
  • 150 gr keju Cheddar parut
  • 1 sdm tepung terigu
  • 2 sdt garam dapur
  • 1/2 sdt  Merica halus 
Cara Membuat Baked Potato:
  • Kentangnya disikat dulu ya sampai bersih, biar bisa dimakan dengan kulitnya. 
  • Lalu setelah dicuci bersih ditiriskan sebentar dan di lap dengan tisu, tusuk-tusuk permukaan kentang dengan menggunakan garpu.
  • Lalu bungkus kentang, satu persatu menggunakan alumunium foil.
  • Ofen kentang yang sudah dibungkus satu persatu dengan alumunium foil, dengan temperatur 180 derajat celcius, selama 1 jam sampai matang dan empuk.
  • Sambil menunggu kentang matang kita bisa mengukus brokoli  kurang lebih selama 5 menit, setelah air dikukusan mendidih.
Cara Membuat Melted Cheese Sauce:
  • Campur susu dengan tepung terigu, aduk sampai tidak bergerindil
  • Masak dengan menggunakan api kecil, setelah matang tambahkan keju parut, tambahkan garam dan merica.
  • masak hingga keju meleleh dan saus menjadi mulus, dan siap untuk digunakan.

Cara Penyajian:

Ambil satu buah kentang, dan belah ditengah, tetapi jangan sampai putus. Sisipkan brokoli ditengahnya dan tuangkan Melted Cheese sauce, dan siap dinikmati. 


Baked Potato with broccoli cheese sauce

Mudahkan cara buatnya?. So simple and rasanya yummy. Yang buat aku tambah seneng adalah, Silvio suka dengan saus keju yang melted banget ini. Hahaha tuh kan, jadi suka dech sama yang namaya keju. 

Biasanya saus keju ini aku tuang juga dipiring kecil, jadi sambil makan kentangnya, dicocolkan juga ke saus kejunya. Hemmmm melted banget dimulut. Semoga resep ini bermanfaat ya, dan cocok untuk sajian menu bagi keluarga tercinta kalian.

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße

Wednesday, October 18, 2017

Akhir summer kemarin suamiku dapet labu kuning dari bosnya. Rupanya sibos dan istri punya hobby berkebun juga. Diawal musim Herbst mereka panen labu, dan suamiku kebagian labu kuning berukuran medium. 

Sebenernya kalau musim Herbst begini yang identik dengan Hallowen, labu banyak dijual di supermarket dengan harga yang murah. Beruntunglah kami kebagian labu gratis.  Mau diapain bingung juga, ya sudah coba bereksperimen membuat donat berbahan labu kuning. Berikut aku share bahan dan cara pembuatannya.

Bahan : 
  • 150 gr labu kuning kukus, haluskan (berat bersih setelah dikukus tanpa kulit) 
  • 300 gr terigu protein tinggi
  • 20 gr susu bubuk (aku skip)
  • 6 gr ragi instan 
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanila 
  • 2 kuning telur 
  • 50 ml susu cair hangat (sesuaikan dengan keadaan tepung, tambahkan sedikit demi sedikit. Aku hanya menggunakan 2 sdm saja karena labu kukus sudah cukup berair
  • 30 gr butter/margarine 
  • 1/2 sdt garam 
  • Minyak goreng untuk menggoreng donat (lebih bagus pakai minyak padat) 
  • Gula mint/gula donat secukupnya 
Cara Membuat : 
  • Mengaktifkan ragi: Cara mengetahui ragi yang kita gunakan aktif atau tidak, yaitu dengan mencampur susu hangat (bukan panas), tambahkan ragi instant kedalamnya, lalu diaduk. Tambahkan gula pasir dan diaduk lagi, diamkan selama 10 menit sampai berbuih dan ragi naik keatas.
  • Campurkan terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula pasir. Aduk rata.
  • kemudian masukkan kuning telur, labu kuning, dan vanila, campur dan aduk hingga rata.
  • Masukkan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni (atau menggunakan mixer spiral) hingga adonan kalis dan tidak lembek. (tidak perlu dituangkan semua susu cair-nya, disini butter belum masuk, nanti akan bertambah lembek kalau butter sudah masuk. Pastikan adonan  kalis dahulu, tidak lengket ditangan).
  • Setelah kalis baru masukkan butter/margarine dan garam, uleni/mixer kembali hingga adonan kalis elastis, permukaan adonan mulus dan licin (ambil sedikit adonan, bentangkan dengan jari, jika sampai tipis adonan tidak sobek, berarti sudah elastis)
  • Bulatkan adonan, masukkan kedalam panci alumunium atau bake kayu, tutup dengan serbet lembab atau plastic wrap, diamkan selama 45 menit. 
  • Adonan akan mengembang kurang lebih 2 kali lipatnya, kempiskan adonan, uleni sebentar agar licin kembali. 
  • Timbang adonan masing - masing 40 gr (atau sesuai selera), bulatkan, tata di atas loyang yang sudah ditaburi terigu tipis2, tutup dengan plastik, diamkan 15-20 menit. (Jika tidak memakai cetakan, bisa langung dilubangi tengahnya dengan tutup botol aqua) 
  • Untuk menggoreng, panaskan minyak goreng dengan api sedang, lalu kecilkan api agar panasnya stabil dan donat tidak gosong. 
Tips menggoreng donat:
  • Agar hasilnya bagus, pertama donat masuk ke dalam minyak, diamkan sebentar, hingga muncul buih-buih kecil disekitarnya. Pada saat ini donat akan mengembang karena terkena panas minyak. 
  • Setelah buih ini muncul, segera balik donat, agar sisi sebaliknya mengembang dengan seimbang, biarkan hingga donat mengembang  hingga warnanya coklat keemasan. (lebih baik menggorengnya tidak terlalu banyak dibolak-balik , agar cincin yang terbentuk cantik bersih.
  • Angkat dan tiriskan 
Donat yang aku buat aku beri topping cokelat, berikut cara membuat toping donat dari coklat batang

Bahan-bahannya:
  • Coklat batang atau dark coklat kurang lebih sebanyak 100 gr Cincang dan potong-potong.
  • Madu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Margarin kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Susu segar atau susu UHT kurang lebih sebanyak 50 gram 
Cara membuat:
  • pertama rebus susu hingga mendidih.Setelah itu masukkan potongan coklat, madu dan margarin kemudian aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  • Ambil donat dan celupkan atau bisa juga diolesi dibagian atasnya.
  • Bisa tambahkan nut jika suka.
 
Kürbis Donut

Donat ini rasanya empuk dan sudah pasti enak. Kalian bisa menambahkan Topping sesuai selera bisa dengan  cokelat ditabur kacang tanah, keju, atau cukup dengan gula halus juga sudah enak. Donat ini silvio bawa kekantor untuk dimakan bareng-bareng dengan teman kantornya. 

Dan Puji Tuhan mereka suka, malah banyak yang lebih suka dengan topping gula halus dibanding cokelat dan keju. Nah gliran kalian dong untuk praktek dirumah, buat cemilan sehat untuk keluarga tercinta. Ahhh semakin disayang suami dan anak dech.  

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße 

Thursday, October 12, 2017

BLOGGERS memiliki anak yang sehat pastinya menjadi harapan setiap orang tua dimuka bumi ini. Melihat anak tumbuh berkembang dengan sehat merupakan anugerah yang tidak dapat diukur dengan materi apapun. Saat ini Kathleen sudah berusia 4 bulan, seneng banget melihat dia tumbuh sehat dengan asupan asi yang cukup bagi perkembangannya. Saat ini aku mau share ke teman-teman mengenai pengalamanku dan Silvio merawat unsere kleine Mäuschen"Kathleen" kami.

Papa n Kathleen



Begitu Kathleen lahir kami langsung menelfon Hebamme kami. Hebamme itu adalah  bidan yang ngecek ibu dan bayi saat ibu dan bayi berada di rumah. Sampai umur bayi 2 bulan beliau akan pantau dan datang langsung ke rumah untuk membantu dan melihat perkembangan bayi kita. Semua fasilitas ini Gratis dibayarkan oleh asuransi. Dari jauh hari usahakan untuk mencari Hebamme, karena mereka juga punya pasien lain kalau penuh ya gabisa terima pasien baru. 

Bersyukur dengan  adanya hebamme ini sangat membantu terutama bagi ibu muda yang belum pernah melahirkan, jauh dari family  dan tidak tau detail merawat bayi. Tugas hebamme  ngecek kondisi ibu, jahitan pasca melahirkan, konsultan laktasi, nimbang bayi, ngukur tinggi bayi, mandiin bayi, gantiin popok, sampai ngurus puput puser. Walaupun saat ini kita bisa mencari informasi apa saja melalui internet, tetapi kehadiran hebamme bagi aku sangat membantu sekali terutama untuk memantau langsung perkembangan Kathleen.

New Baby Born
# Usia bayi  0-1 Bulan #

Menjadi ibu baru yang minim pengalaman dan jauh dari orang tua dan kerabat memang membuatku cukup kewalahan. Peran seorang suami untuk berkolaborasi mengurus anak memang sangat dibutuhkan. Minggu pertama sampai minggu keempat menjadi masa rawan pertengkaran bagi orang tua baru, dan itu terjadi diantara kami. 

Stres pun melanda karena harus melakukan semua aktifitas mulai dari merawat bayi, bersih-bersih rumah, mencuci, menyetrika ataupun memasak tanpa bantuan kerabat, semua dilakukan oleh kami berdua. Padahal badan ini belum pulih total setelah melahirkan, Otomatis kebebasan kami sebelumya berganti dengan aktifitas merawat bayi yang membutuhkan ekstra ketelatenan dan tenaga serta pikiran.


Kathleen usia 2 hari
Beruntung asiku lancar dan kathleen mempunyai asupan makanan yang cukup. Sejak pertama Kathleen pintar mencari puting ibunya. Tetapi walaupun asiku sangat lancar aku mengalami kelelahan fisik dan keteteran. Walaupun Kathleen sering tertidur tetapi frekuensi tidurnya minim hanya 1 jam dan bangun terus menyusui, sehingga aku kelelahan karena tidak bisa istirahat,  sedikit-sedikit Kathleen terbangun dan menangis.

Kalau di Indonesia orang tua baru biasanya pada malam hari begadang sampai subuh, tetapi berbeda dengan anak kami. Anakku itu sebenernya pengertian dengan orang tuanya, dia rewel  dan menangis terus pada sore hari sampai matahari tenggelam. 

Kathleen lahir saat summer dan kalau saat summer matahari tenggelam pukul 9 malam. Setelah matahari tenggelam dan gelap dia akan tertidur, tetapi saat terang mulai jam 2 sore sampai  malam dikit-dikit nangis, kalau dibaringkan menangis maunya minta digendong terus ,bener-bener rewel dan membuat ibunya kelelahan.

Akhirnya aku membaca diinternet bagaimana merawat bayi yang baru lahir. Dari situ aku mengetahui manfaat membedong atau Swaddling, tadinya aku berfikir kunolah pake bedong-bedongan udah ga jaman apalagi untuk yang tinggal di negara barat. 

Ternyata manfaatnya sangat membantu sekali bagi kami. Aku melakukan bedong hanya pada siang hari. Untuk tidur dimalam hari Kathleen tidak perlu dibedong karena boboknya teratur. Dulu sebelum dibedong tidurnya hanya 1 jam dan terbangun, tetapi setelah dibedong tidurnya bisa sampai 3 jam.

Dari artikel yang aku baca, ternyata penyebab bayi baru lahir sering terbangun karena kaget, akibat dari refleks kejut bawaan dari lahir atau biasa disebut refleks moro. Refleks  pada bayi baru lahir saat tidur ini berupa sentakan seperti kaget.  Dari informasi yang aku baca refleks ini membantu bayi beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. 

Saat tersentak kaget seringkali bayi tetap terlelap, hanya kedua tangannya yang terentang, dan kadang-kadang juga menangis. Saat bayi kaget juga menandakan otot-otot refleksnya bekerja dengan baik, sekaligus memperlihatkan daya pendengarannya berfungsi dengan baik.


Nyaman tidur dengan schlafsack
Pemeriksaan Dokter U1 dan U2

Sejak usia 0 bulan Kathleen setiap bulan melakukan kontrol ke dokter. Dokter di RS akan memberikan jadwal untuk kontrol setiap bulannya yang dikenal dengan U1, U2, U3 dst. "U" adalah singkatan dari Untersuchungen yang artinya pemeriksaan. Setiap anak memiliki buku yang harus selalu dibawa setiap kali kontrol ke dokter. Buku pertama berwarna kuning yang diberikan saat lahir. Dalam buku ini mencakup data pemeriksaan sejak lahir hingga usia 5 tahun (pemeriksaan U1-U9).

U1: Pemeriksaan pertama, ; Merupakan pemeriksaan pertama pada saat bayi baru lahir (saat berada di RS). · Pemeriksaanya meliputi pemeriksaan warna kulit, denyut jantung, respons refleks, tonus otot dan pernapasan · Pemeriksaan adanya malformasi, ikterus (kuning) dan tanda prematuritas. · Pengukuran berat lahir, panjang badan dan lingkar kepala. · Pemberian vitamin K untuk mencegah perdarahan.

U2: Pemeriksaan dasar (usia 3-10 hari) · Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan pada bayi yang biasanya dilakukan saat masih di RS. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik menyeluruh dari kepala hingga kaki. Dokter akan memeriksa adanya tanda defek atau malformasi. Mulai dari pemeriksaan kepala, ubun-ubun, pemeriksaan mata, pemeriksaan pendengaran, pemeriksaan paru dan jantung, pemeriksaan abdomen, tali pusat, genital, saturasi oksigen, hip dan USG. Pada saat pulang, bayi akan diberikan vitamin D dan tablet fluoride untuk kesehatan tulang dan gigi.

Perkembangan Berat badan tiap bulan :  

Usia 0 bulan BB : 3,4 Kg   ;   Panjang : 53 cm   ;  Lingkar kepala : 35 cm
Usia 1 bulan BB : 4,4 Kg   ; Panjang : 55 cm   ;  Lingkar kepala : 36,5 cm

(tidak perlu kuatir apabila  BB bayi mengalami penurunan setelah 5 s/d 7 hari, hal ini normal karena berat bayi yang turun ini merupakan cairan yang hilang dari tubuh bayi. Saat di dalam rahim, bayi hidup di dalam cairan, sehingga saat lahir bayi membawa banyak cairan ekstra. Cairan ekstra dalam tubuh bayi ini akan hilang secara perlahan dalam beberapa hari setelah bayi lahir, sehingga berat badan bayi pun ikut turun)

# Usia bayi  2 Bulan #

Setelah 40 hari jangan lupa minta janji ketemu juga sama dokter kandungan untuk cek lebih lanjut. Kunjungan ini untuk mengecek kondisi rahim pasca melahirkan, mengecek Jahitan kalau kamu melakukan operasi Cesar seperti aku. Dokter juga akan bertanya apakah kita akan berKB dan Kb apa yang akan kita jalani. Kalau kamu memutuskan untuk KB suntik, pil, atau spiral pastinya diperlukan janji lebih lanjut lagi untuk berkomunikasi dengan dokter kandungamu.

Di Jerman bayi-bayi tidak setiap hari dimandikan, cukup seminggu 2 kali dimandikan di badewanne. Biasanya setiap hari hanya di lap (waschen)  dengan air dan washlap yang diberi sedikit sabun. Tidak seperti di Indonesia harus setiap hari mandi, karena disini udaranya dingin, kalau bayi dimandikan tiap hari dan memakai sabun banyak-banyak, akan menyebapkan kulit menjadi kering. Jangan lupa setelah menuang air pastikan suhu air 37 derajat celcius, gunakan badethermometer untuk mengukur suhu air.



Saat memandikan bayi pun tidak boleh terlalu lama agar bayi tidak mudah kedinginan. dianjurkan menutup pintu dan jendela terlebih dahulu agar bayi tidak menjadi kedinginan. Sesudah dimandikan langsung dibungkus dengan handuk yang bertudung kepala supaya mudah mengeringkannya. Sebagai tambahan disarankan untuk memiliki Warm Lampe (lampu penghangat) yang biasanya diletakkan diatas Wickeltisch (meja untuk mengganti popok bayi) agar bayi  tetap hangat saat dikeringkan sehabis mandi, atau saat diganti popoknya :)

Waspadai juga dengan konstipasi pada bayi, dimana kondisi bayi susah bab atau sembelit. Sembelit memang jarang terjadi pada bayi baru lahir, apalagi yang diberi ASI. Hal ini karena dalam ASI memiliki kadar laktosa yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya konstipasi. Namun, pada bayi baru lahir yang diberikan susu formula, konstipasi atau sembelit mungkin saja terjadi. Biasanya apabila hal ini terjadi bayi akan menangis tanpa berhenti dan rewel, walaupun sudah diberikan susu.

Biasanya aku akan melakukan kompres pada perutnya menggunakan kompres perut untuk baby dan selalu sedia Kümmel Öl. Kümmel Öl ini manfaatnya sama seperti minyak telon, memberikan rasa hangat pada bayi. Usapkan pada perut bayi dan dimassage memutar searah jarum jam. Biasanya setelah ini bayi bisa buang gas.  



Pemeriksaan Dokter U3

U3 adalah pemeriksaan neurologis ( dilakukan di Kinderarzt Praxis) dan pemeriksaan pertama ini memakan waktu yang lama. · Pertama bayi akan ditimbang, diukur panjang badan dan lingkar kepala untuk menentukan status nutrisi. Lalu dokter melakukan pemeriksaan fisik, refleks, kontak mata, respon terhadap suara dan kemampuan mengangkat kepala. Orang tua juga akan ditanya tentang kebiasaan minum, defekasi dan kecenderungan alergi. Dokter anak akan memberikan informasi tentang nutrisi, ritme tidur dan bangun. Pemeriksaan sendi panggul lebih seksama untuk mendeteksi adanya deformitas kongenital. Pada usia ini kelainan ini bisa dengan mudah dikoreksi.

Perkembangan Berat badan tiap bulan : 

Usia 2 bulan BB : 5,4 Kg ; Panjang : 57,5 cm ; Lingkar kepala : 36,5 cm
 
# Usia bayi 3 Bulan #

Diusia 3 bulan kathleen sudah jarang menangis, dan tidak selalu minta digendong. Dalam mendidik kathleen aku memang menerapkan mix didikan barat dan Indonesia. Didikan barat yang melatih anak untuk mandiri sejak kecil kami terapkan juga kepada anak kami. Kami mulai menerapkan agar kathleen mulai tidur dikamar sendiri. Sebelumnya kathleen memang tidur satu kamar dengan kami, walaupun menggunakan stuben wagen sendiri. 

Pertama-tama kami memulai cara ini, harus dibutuhkan tekad tega untuk kebaikan. Pastikan anak sudah disusui dan dalam keadaan kenyang. Lalu pastikan juga popoknya baru dan kenakan pakaian tidur  (schlafanzug) yang bersih, dan schlafsack, (selimut berbentuk kantung tidur yang dipakaikan kebadan bayi seperti baju) untuk menggantikan selimut biasa untuk mencegah hidung bayi tertutup selimut.


Kathleen saat tertidur di kinderbett
Selama 4 hari pertama menerapkan cara ini, setiap kami tinggal kathleen akan menangis sekejer-kejernya, kadang-kadang sampai suaranya hilang. Setiap 15 menit kami masuk kekamarnya untuk coba menenangkan kathleen dan mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja dan kamu harus tidur sendiri karena sudah besar. Usahakan untuk tidak memandang matanya, dan jangan pernah mengangkat anak dari bednya. 

Setelah itu kembali lagi 20 menit kemudian dan ditinggal lagi, begitu seterusnya sampai anak tertidur sendiri. Menangis adalah senjata anak, pasti awalnya akan merasa kasihan dan tidak tega, tetapi yakinkan bahwa pola ini untuk kebaikan anak dan juga sangat membantu bagi orang tua yang merawat anak tanpa bantuan kerabat.  Paling lama kathleen menagis 40 menit, dan hari-hari berikutnya kathleen sudah terbiasa tertidur sendiri.

Agar bayi nyaman berada dikamarnya, jangan lupa perhatikan juga suhu kamarnya. Suhu kamar  ideal untuk bayi adalah 16-20 celcius, yang berarti tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat.  Dan untuk mengecek bayi apakah ia kedinginan atau kepanasan, yang paling optimal adalah dengan memeriksa dibagian belakang leher (pundak) bayi, akan teraba dingin jika ia kedinginan atau berkeringat jika ia kepanasan.


Kathleen's Zimmer
Jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah setiap hari merupakan hal yang wajib bagi masyarakat Jerman. Mereka tidak peduli akan cuaca buruk pada hari itu, jangan heran kalau saat hujan tetap saja ada orang tua yang mendorong kinderwagen untuk mengajak anaknya menghirup udara yang fresh.  

Mereka biasanya menyiapkan pakaian terbaik untuk anak mereka yang mampu melindungi tubuh saat cuaca di luar tidak bersahabat. Para orang tua di Jerman memang membiasakan mengajak balitanya ke luar rumah untuk sekadar duduk-duduk di taman atau menghirup udara segar.
 

Pemeriksaan Dokter U4

U4: Usia 3-4 bulan Setiap kontrol akan dilakukan pengukuran berat badan, panjang badan, lingkar kepala. Lalu dilanjutka  pemeriksaan fisik, sistem organ, mata, telinga. Pemeriksaan refleks, motorik, kemampuan meraih benda dan intensitas kontak mata, pemeriksaan penglihatan dan pendengaran . Pemberian vitamin D dan fluoride untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan pembentukan tulang dan gigi.



Kathleen Usia 3 bulan
Perkembangan Berat badan tiap bulan :  
 Usia 3 bulan BB : 6,1 Kg ; Panjang : 64 cm ; Lingkar kepala : 40 cm

Imunisasi setiap bulan :
  • Usia 0 bulan : Imunisasi Hepatitis B 
  • Usia 1 bulan : Imunisasi Hepatitis B 
  • Usia 2 bulan : Imunisasi Tetanus, DPT, Pertusis, Indluenza, Polio, 
  • Usia 3 bulan : Imunisasi Tetanus, DPT, Pertusis, Indluenza, Polio, (sama dengan bulan ke 2) 
*Kami sebagai orang tuamu berusaha sebaik mungkin menjagamu. Dan tidak lupa dalam setiap doa, kami sebut namamu agar Tuhan pun campur tangan menjagamu, dan mengajarkan kesabaran bagi kedua orang tuamu untuk mendidik dan membesarkanmu dengan kebahagiaan*. 


Demikian shareku kali ini, semoga bermanfaat terutama untuk kalian yang menjadi orang tua baru. kalian bisa mengikuti cerita lainnya tentang milestone babyku, berikut storynya:


https://www.bojonesilviostorylife.com/2018/03/merawat-bayi-7-9-bulan.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku. 

Grüße
 

Wednesday, October 4, 2017

SEBELUM masuk winter,  aku dan silvio akan melakukan traveling ke negara tetangga yang tidak jauh dari wilayah domisili kami. Berhubung kami punya bayi yang baru berumur 4 bulan, agak riskan dan ribet juga kalau untuk pertamakalinya ke LN bepergian jarak jauh. 

Untuk pemanasan buat baby Kathleen,  kami berencana pergi ke Praha yang berbatasan dengan wilayah tempat tinggal kami di wilayah Sachsen. Perjalanan dari Jerman ke Praha membutuhkan waktu 4 jam dengan menggunakan mobil pribadi. Cuaca pagi itu begitu cerah dan cukup hangat, walaupun saat ini sudah masuk musim Herbst dengan cuaca yang biasanya  mulai dingin.

Mobil kami melaju ke arah perbatasan yang dihubungkan jalan tol. Pemandangan selama perjalanan dari jalan tol sangat indah, hamparan karpet hijau dengan tanaman yang sudah mulai menguning dibeberapa bagian. Setelah melewati border  memasuki wilayah Republik Ceko, kami berhenti mengambil Vignette (tanda untuk menggunakan highway dan express way).  

Kami harus membayar 12,50 euro untuk melalui jalan tol dan selama di Czech. Biaya berbeda tergantung berapa hari selama kamu berada di Czech, karena hanya 3 hari, kami membayar 12.5 Euro. Dan setelah itu kami diberi stiker dan ditulisi tanggal kedatangan dan lama berada di Czech, kemudian stikernya ditempeli di bagian kaca depan mobil. Pada saat keluar dari Czech kita tidak perlu membayar penggunaan jalan tol lagi. 

Hari Pertama

Praha merupakan kota bersejarah yang mmiliki nuansa kota lama yang menawan, dan termasuk salah satu kota dengan pemandangan paling cantik di Eropa. Praha terkenal memiliki menara serta puncak-puncak dan bangunan warna-warni beratap merah, kota  yang dijuluki 1000 menara menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. 

Mata uang Czech adalah Koruna, yang mana 1 Euro sebesar 25 CZK.  Dari blog yang aku baca, lebih baik mengambil uang mellaui ATM dari pada menukar di Money Changer. Walaupun harga tukarnya tinggi, tetap aja ada biaya-biaya tambahan sehingga uang yang ditukar nilainya sama dengan pengambilan di ATM.

Sekitar pukul 11 siang kami tiba di Praha, Perjalanan kami mulai dengan menyusuri Old Town. Saat itu kami tiba di depan Astronomical Clock  yang berada di Old Town Square. Ada dua muka jam bagian atas dan bawah. Yang di atas menunjukkan posisi bulan dan bintang di angkasa dengan beberapa detail astronomis lain, yang di bawah menunjukkan bulan (kalender).  

Di bagian kiri  2 figure manusia berdampingan, yang satu mewakili Vanity mengagumi dirinya sendiri di cermin, (boneka yang mengaca) dan satu lagi melambangkan manusia yang serakah (Miser / Jew memegang tas emasnya).

Astronomical Clock
Sedangkan disisi kanan ada 2 figure  berdampingan, yang satu tengkorak melambangkan kematian dan satu lagi orang yang hidupnya bersenang-senang. Sedangkan  diatasnya ada jendela kecil, di jendela kecil di atas jam, terdapat figures kedua belas rasul Yesus. 

Setiap jam, figur rasul Yesus ini bergerak-gerak berputar, sebagai simbol Para Rasul yang memberkati kota. Clock Tower juga dihiasi dengan mantel senjata yang indah dan simbol kerajaan yang berbeda. Ada juga seekor ayam jantan yang berkokok setelah para Rasul telah menyelesaikan berkat mereka.  

Setelah figur-figur tersebut selesai bergerak, jam berdentang dan terdapat bunyi terompet. Setiap jam banyak orang berkumpul didepan jam ini untuk menyaksikan atraksi ini, makanya didepan jam Astronomical ini selalu ramai.


Di sekitarnya ada Powder Gate, sebuah gerbang kuno mistik dari abad ke-13, Church of Our Lady before Týn, gereja cantik dengan arsitektur gotik. Saint Nicholas Church yang berubah fungsi menjadi concert hall dan House of Black Madonna.  

Di Old Town Square ini tempat hampir seluruh turis internasional berkumpul. Suasananya sangat ramai sekali dengan turis dan sangat padat sekali, terus terang kurang nyaman bagi kami yang membawa bayi dengan situasi yang crowded. Kami hanya sebentar berada dikawasan ini, hanya berkeliling sebentar untuk mengambil beberapa foto.

Powder Gate
Old Town Square dengan berlatar Church of Our Lady before Týn

Sore hari menjauhi keramaian, kami berjalan melewati Charles Bridge, yang juga menjadi salah satu ikon kota Praha. Jembatan tertua di Praha ini secara strategis menghubungkan Old Town dan Lesser Town. Jembatan Charles ini sangat terkenal karena keindahan arsitektur 30 patung di kanan kiri jembatan.  

Patung bergaya Baroque menghiasi sepanjang sisi jembatan dengan deretan lampu  bergaya vintage. Disepanjang jembatan juga terdapat  penjual-penjual souvenir, dan pelukis karikatur, pemusik yang melakukan performance. Di kedua ujung jembatan terdapat gate atau menara tinggi yang digunakan untuk menjaga akses masuk ke jembatan kala dulu.

Gate menuju Charles Bridge
Di jembatan ini juga mengalir Sungai Vltava, sungai yang besar mengalir indah dibawahnya, dengan kapal-kapal wisata yang hilir mudik. kami melewati jembatan ini dan menikmati pemandangan cantik panorama Kota Praha. 

Rumah warna-warni bergenteng merah, puncak menara-menara dan Kastil Praha. Dan lagi-lagi di atas jembatan sangat penuh dengan turis yang berfoto, membeli suvenir, melakukan lukis wajah, atau berdiri dipinggir jembatan untuk menikmati keindahan sungai dan kota Praha,  suasananya sangat ramai dan berdesakkan.

Charles Bridge  
Panorama Sungai Vltava, tampak dari jembatan

Prague Castle, from Charles Bridge
Rumah-rumah bergenteng merah
Rumah-rumah bergenteng merah
Rumah-rumah bergenteng merah
My Family (Background Charles Bridge)
You & Me
Pelukis dan penjual suvenir di sepanjang jembatan
Dari Charles Bridge kami berjalan sambil mendorong Kathleen's Kinder wagen menuju ke arah New Town. Kami berhenti disebuah bangunan unik berupa gedung meliuk yang seperti pasangan sedang menari. Bangunan ini bernama Dancing House, gedung ini merupakan representasi dari pria dan wanita yang sedang menari, karena itulah disebut sebagai Dancing House. 

Dancing House
Bangunannya yang tergolong modern di sekitar gedung kuno semakin menarik perhatian semua pengunjung. Dancing House memiliki nama yaitu Fred dan Ginger. Bagian dalam dari gedung ini berupa kantor dan restoran Prancis yang menawarkan pemandangan Praha dari ketinggian. Kami tidak masuk kedalam gedung, tetapi mengambil beberapa foto berlatar sungai Vltava dengan pemandangan yang indah sebagai backgroundnya.

Muka asem ga suka difoto (Hahaha makasih papa mau dipoto juga)

Kathleen juga pose dunk, masa bobo terus
Panorama tepi sugai Vltava
Panorama tepi sugai Vltava
Panorama tepi sugai Vltava
Setelah lelah berjalan seharian, kami memutuskan untuk beristirahat menuju ke Hotel. 


Hari Kedua

Pagi-pagi kami memulai perjalanan menuju ke John Lenon Wall, ditembok itu terdapat sebuah mural untuk mengenang eksistensi John Lenon. Lokasinya berada di sebuah tembok di sekitar kota tua dekat dengan charles bridge. Untuk menuju kesana kalian tinggal menyeberangi Jembatan Charles Bridge lalu belok kiri melewati jalan Mestecka, berjalan lurus dan belok kekiri lagi.  

Lennon adalah pahlawan bagi pemuda, ketika komunisme memerintah, lagu-lagu pop barat dilarang oleh otoritas Komunis, dan terutama lagu-lagu John Lennon, beberapa musisi bahkan ada yang  dipenjara karena memainkannya.
 

John Lennon Wall
Momy und kathleen
Ketika John Lennon dibunuh pada tahun 1980, dia menjadi semacam pahlawan bagi beberapa orang muda dan fotonya dicat di dinding ini,  grafiti ini menjadi simbol  menentang pihak berwenang saat itu yang melarang untuk mengungkapkan perasaan dan kebebasan masyarakat Czech. Dengan melakukan ini, para aktivis muda tersebut mempertaruhkan penjara karena apa yang oleh pihak berwenang disebut "kegiatan subversif terhadap negara". 
Tapi ancaman penjara tidak menyulutkan untuk menggores grafiti  dalam bentuk lirik Beatles dan odes ke Lennon, lalu mereka melukis perasaan dan mimpi mereka sendiri di dinding. Tembok Lennon tidak hanya mewakili sebuah peringatan bagi John Lennon dan gagasannya untuk perdamaian, namun juga sebuah monumen untuk kebebasan berbicara dan pemberontakan non-kekerasan terhadap pemuda Czech melawan rezim tersebut. 

Setelah dari John lennon Wall kami menuju ke Petrin Hill, versi mini Menara Eiffel di Paris, yang terletak dikawasan Lesser Town. Di tempat ini,  kita bisa melihat pemandangan kota Praha nan cantik termasuk pemandangan Prague Castle. Rutenya sama setelah menyeberangi Jembatan Charles Bridge lalu belok kiri melewati jalan Mestecka, berjalan lurus kalau ke John Lenon Wall belok kekiri, menuju ke Petrin Hill belok kekanan ke  arah Malá Strana menuju ke Ujezd Street.

Funicular/ Cable car

Bangku Putih disekitar taman
Untuk naik ke Petrin hill bisa dengan berjalan kaki  mendaki bukit selama 30 menit. Pendakiannya curam, tapi jalannya menyenangkan, melewati kebun dan daerah berhutan.  

Atau bisa juga dengan menggunakan funicular dari stasiun Ujezd sampai stasiun Petrin. Kami memilih untuk menggunakan funicular karena berat tentunya harus membawa baby dengan  mendorong kinderwagen dengan jalan yang menanjak, sehingga kami mengantri panjang dan harus sabar karena akhir pekan Praha kedatangan banyak turis.

Petrin Hill Rose Garden
Ya bisa dibayangkan repotnya kami harus menjaga mood kathleeen agar tidak menangis selama mengantri. Funicular ini ada setiap 10-20 menit sekali, antriannya sendiri tertib lhooo ga ada dorong-dorongan atau menyela seperti keadaan di Indonesia. 

Coba kalau di Indonesia pasti sudah dorong-dorongan berebut masuk duluan.  Kami tak perlu membayar karcis untuk naik funicular karena kami memiliki Prague card. Funicular ini mempunyai 3 stasiun yaitu Ujezd, Nebozizek dan Petrin.

Rose Garden
Hamparan Rumput di Petrin Hill
Relaxe setelah jalan jauh
Di Petrin Hill juga terdapat sebuah observatorium, yang berisi museum dan teleskop besar yang terbuka untuk umum, aula cermin, gereja dan kafe. kami tidak naik ke atas Tower, karena antrian yang panjang dan anginnya terlalu kencang diatas tower bagi kathleen. kami memilih mennikmati keindahan taman mawar, dan rileks diatas hamparan rumput.

Antrian naik ke tower Petrin Hill
Buat kalian yang ingin naik, untuk menuju ke puncak bisa  dengan menggunakan lift,  membayar ekstra sebesar CZK 150, atau bisa juga dengan menaiki tangga berputar terdiri dari 299 anak tangga  (kalo yang ini gratis). Tapi sarannya lebih baik naik menggunakan lift, karena kalau menggunakan tangga sangat dingin karena tiupan anginnya sangat kencang, malah nanti jadi membeku.

Petrin Hill Tower
Dari informasi yang aku baca, dari atas tower ini pengunjung bisa dengan leluasa menyaksikan pemandangan cantik Praha tanpa terhalang ranting-ranting pepohonan gundul. Kamu akan merasakan sensasi ketika berada di atas, menara seolah bergoyang, karena efek tiupan angin yang berembus cukup kencang. Tetapi semuanya terbayar dengan view yang sangat indah terutama jika memandang pada malam hari melihat kota Praha bermandikan cahaya. 

Kami melanjutkan perjalanan kami menuju ke Prague Castle dengan berjalan kaki menuruni bukit. Perjalanannya menyenangkan dengan sajian pemandangan rumput hijau dan panorama kota Praha yang sangat indah. Kami lewat jalan atas, tetapi kalau kalian ingin mendapatkan pemandangan yang lebih indah bisa turun kebawah, berjalan menyusuri sungai Vltava. Kami memang memilih untuk mengunjungi Petrin Hill dahulu sebelum ke Prague Castle, dengan pertimbangan lebih mudah membawa kinderwagen jalan menuruni  bukit, dibandingkan berjalan menanjak menuju Castle.

Prague Castle
Kastil Praha Merupakan salah satu kompleks kastil terluas didunia. Dulunya kastil ini menjadi pusat pemerintahan kaisaran Romawi dan juga Presiden Cekoslovakia. Komplels kastil yang memiliki area luas berupa bangunan yang menawan serta taman yang indah dan juga pameran museum yang menarik. Di dalamnya komplex Castle terdapat St. Vitus Cathedral yang bernuansa gothic. Katedral ini menyimpan pesona tersendiri. Sisi-sisi yang runcing menjulang, hitam, ditambah patung-patung iblis semakin menambah kesan menyeramkan.

Prague Castle
Di belakang katedral terdapat area yang dinamakan Hradcany. Kompleks gereja Strahov Monastery, adalah salah satu yang tertua di Republik Ceko dan bergaya Baroque. Bangunan di sekitarnya tidak kalah cantik, adalah Schwarzenberg Palace. Pemandangan Golden Lane tidak boleh terlewatkan, yakni jalanan tersempit di kawasan Prague Castle  Di dalamnya terdapat miniatur-miniatur rumah di masa lalu lengkap dengan aksesorisnya.

Background Guard Castle
Terletak di atas bukit, Kastil Praha terlihat megah dengan menara-menara yang menjulang. Sangat indah berada disekitar Kastil Praha ini. kami berhenti menyaksikan landscape kota Praha dengan memandang rumah-rumah beratap merah khas kota tua, serta panoramanya yang indah. Ahhhh  seperti berada di negeri dongeng, menyaksikan semua keindahan ini.

Rumah-rumah beratap merah
Rumah-rumah beratap merah
Panorama Kota Praha
From Up Hill
Kami lalu melanjutkan perjalanan menuju Wenceslas Square, New Town yang terletak di kota baru yang menjadi pusat bisnis Praha. Pemandangan pada malam hari sangat indah, lantaran bangunan yang tertata rapi di kiri kanan jalan terlihat lebih eksotik. Dikedua sisi diapit pertokoan, Hotel, Cafe & Restauran dan Club malam. Di Wenceslas Square ini mempunyai landmark yang identik dengan patung St Wenceslas yang menunggang kuda dan Museum National Praha. Letaknya yang tidak jauh dari Stasiun Kota Praha. membuat tempat ini banyak dilalui turis Iternasional.

Wenceslas Square
St. Wenceslas stature
Waktu terbaik menikmati keindahan Praha adalah pada pagi hari. Namun suasana romantis akan kian terasa saat senja. Matahari yang meredup membuat siluet bangunan kota tampak begitu eksotis. Ditambah cahaya lampu, menambah kehangatan suasana kota menjelang malam hari

Hari ketiga 

Hari ini adalah hari terakhir kami di Czech. Sebelum kembali ke Jerman kami berencana mengunjungi Kutna Hora, yang dikenal dengan Bone Church. Kutna Hora adalah sebuah kota yang terletak di wilayah Bohemia Republik Ceko, berada di timur 1 jam dari Praha. Tempat ini terkenal menjadi rumah bagi Osuary Sedlec, sebuah kapel yang dihiasi dengan tulang manusia. Dalam kapel ini diperkirakan terdapat kerangka 40.000 sampai 70.000 orang. Tulang-tulang mereka telah disusun secara artistik untuk membentuk dekorasi dan perabotan untuk kapel.

Church Entrance
Inside Chapel
Chandelier from human bone
The Bone Church, menjadi salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi di Republik Ceko, Pada 1278, kepala biara Sedlec melakukan ziarah suci ke Yerusalem.  Dia mengambil segenggam tanah dari Golgatha yang dia ambil dari bukit tempat Yesus disalibkan. 

Dan membawanya kembali, lalu menyebarkannya di atas Pemakaman Sedlec. Karena pemakaman tersebut diberkati dengan tanah dari Tanah Suci, maka tempat tersebut menjadi tempat yang diinginkan untuk dikuburkan di Eropa.  

Ceiling of Chapel
skull head
skull head


Pada saat orang-orang Hussites (orang-orang Kristen Ceko) merebut Kutna Hora dan menyerang serta membakar gereja dan biara Sedlec di tahun 1421, puluhan ribu orang dimakamkan di sana. Setelah itu sebuah gereja Gothic dibangun di tengah pemakaman dengan kapel bawah tanah untuk digunakan sebagai tempat peringatan, untuk kuburan massal, dengan melakukan penggalian selama pembangunan kapel.






Selama konstruksi, ribuan tulang yang digali itu ditumpuk di tengah kapel. Baru pada tahun 1870 seorang seniman František Rint dipekerjakan untuk menata tulang-tulang yang digali, dan menambahkan sentuhannya sendiri, termasuk lampu gantung dan mantel Schwatzenberg, sehingga menghasilkan kapel dengan dekorasi tulang didalamya. 



Menyeramkan tapi kerenkan ? Buat aku gereja ini unik dan berbeda dari gereja lainnyaGereja di Kutna Hora menyampaikan  pesan positif. "semua ini bukan perayaan kematian, tapi ini melambangkan semua orang sama di hadapan takhta Allah". 

Suatu hari nanti aku dan Silvio berencana untuk kembali lagi ke Praha, menikmati kehidupan malam kota praha, duduk santai di Pub menikmati bir unik Czech, menikmati malam naik ke tower Petrin, atau menyusuri Charles bridge dan Prague castle yang bermandikan cahaya dimalam hari. Ibarat Seorang perempuan Praha memang eksotis dengan semua pesonanya. 

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.  

Love and Grüße (Sept 2017)